PENGARUH EKSTRAKULIKULER TAHFIZ AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR AL QUR’AN HADIST KELAS III MI NW 01 KEMBANG KERANG
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v2i2.373Kata Kunci:
Ekstrakulikuler, Tahfiz Al-Qur’an, hasil belajar Qur’an HadistAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Ekstrakulikuler Tahfiz Al-Qur’an terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadist kelas III MI NW 01 Kembang Kerang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif desain komparatif. Variable bebasnya adalah Ekstrakulikuler Tahfiz Al-Qur’an dan variable terikatnya adalah hasil belajar Al-Qur’an Hadist. Sampel yang digunakan adalah tehnik sampel acak (Simpel Random Sampling) dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A MI NW 01 Kembang Kerang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan tes lisan sebagai sumber data utama serta wawancara sebagai sumber data tambahan, sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah regresi liner sederhana dan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil menghafal siswa kelas III A MI NW 01 Kembang Kerang memperoleh nilai rata-rata 49,5 sedangkan hasil belajar Al-Qur’an Hadist siswa kelas III A MI NW 01 Kembang Kerang dengan nilai rata-rata 63,9. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi dengan taraf 5% dengan > atau 0,64 > 0,381 dengan demikian hipotesis diterima. Hal ini bermakana nilai rata-rata hasil belajar Al-Qur’an Hadist kelas III A MI NW 01 Kembang Kerang sebesar 40,96 % ditentukan oleh Ekstrakulikuler Tahfiz Al-Qur’an yang diberikan melalui persamaan regresi Y = 43 + 0,42X. sedangkan sisanya 59,04% ditentukan oleh faktor-faktor lain
Unduhan
Referensi
Husairi, H. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BAHASA ARAB MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI NW 1 KEMBANG KERANG. JOURNAL OF ALIFBATA: Journal of Basic Education (JBE), 1(1), 10–36. https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i1.103 (Original work published January 12, 2021)
Lutan, Rusli. Pengelolaan Interaksi belajar mengajar intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. (Jakarta: Universitas Terbuka.1986).
Mhd. Ihsan, “ Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Smp Kisaran” ITTIHAD, Vol. I, No.2, Juli – Desember 2017.
Roswilda Hadianti. “Pengaruh metode Juz’I terhadap kemampuan menghafal surah-surah pendek Al-Qur’an terhadap anak Tunanetra di PSBN WYNTA Guna Bandung”. (Respository.upi. edu. 2013).
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT Remaja Rosdikary.2005).
Husairi, H. (2020). STUDI KOMPARASIMETODEJIGSAWDAN WORD SQUAREDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK DI MINAHDATULWATHAN 1 KEMBANG KERANG AIKMEL. Jurnal al Muta'aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 53-82.
Syaikh Manna’ Al-Qatthan. Dasar-Dasar Ilmu Al-Qur’an, (Jakarta : Ummul Qura.201.
Winkel, Ws., Pesikologi pengajaran.(Jogjakarta : Media Abadi, 2009).
Sugiyono, dkk ( 2007). Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.2007).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ulfa Nurhakikah kikah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



