Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v3i2.514Kata Kunci:
Culturally Responsive Teaching (CRT); Hasil belajar; Kuantitatif; PendekatanAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kebersamaan di lingkungan sekolah pemanfaatan budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua kali pembelajaran dan mengambil data pretest dan posttest. Sampel dari penelitian ini adalah kelas II dengan hasil belajar setelah adanya perlakuan. Data yang diperoleh dari penelitian yaitu data hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pretest dan posttest hasil belajar siswa untuk tiga aspek peningkatan. Hasil belajar aspek kognitif pretest dan posttest yang peneliti lakukan pada siswa kelas II SD Negeri di kota Semarang setelah dianalisis oleh peneliti melalui normalitas gain menurut Meltzer menghasilkan kriteria “Tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan budaya berupa makanan khas dari latar belakang siswa sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema kebersamaan di lingkungan sekolah.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Indah Milati Khasanah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



