CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SDN 02 PERCONTOHAN
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v3i2.515Kata Kunci:
Contextual Teaching And Learning, Pendidikan Agama IslamAbstrak
Penelitian ini membahas tentang efektivitas penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 02 Percontohan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, yang bertujuan untuk memahami realitas peristiwa dan berbagai kegiatan yang terjadi dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual di sekolah tersebut. Sumber data penelitian ini adalah siswa SDN 02 Percontohan dan guru PAI, dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif, dimulai dengan pengkodean, transkripsi, dan reduksi. Hasil analisis data mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran PAI dengan pendekatan kontekstual di SDN 02 Percontohan sesuai dengan komponen utama pendekatan kontekstual, seperti konstruktivisme, penemuan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang autentik. Selain itu, pembelajaran PAI dengan pendekatan kontekstual juga efektif dalam mendukung prestasi akademik siswa dan pemahaman mereka terhadap aplikasi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran ini menjadi bermakna, ceria, dan menyenangkan (joyful learning) bagi siswa.
Unduhan
Referensi
Azra, Azzumardi. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru.(Jakarta: Logos, 1999).
Johnson, Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Terj. Ibnu Setiawan. (Bandung: MLC, 2007).
Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agam Islam Berbasis Konpetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005).
Nazir, Mohammad. Metode Penelitian. (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988).
Rahman, Fazlur. Islam and Modernity: Transpormation of an Intellectual Tradition. (Chicago and London: The Univercity of Chicago Press, 1982).
Wan Daud, Wan Mohd Nor. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Nuqaeb Al-Attas, ter. Hamid Fahmy, dkk. (Bandung: Mizan, 2003).
Zayadi, Ahmad dan Abdul Majid, Tadzkirah; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Pendekatan Kontekstual. (Jakarta: Raja Grafindo persada, tt).
Dinda Ha Yahya, Junaidi Junaidi, Muhiddinur Kamal, & Arman Husni. (2023). Pelaksanaan Pendekatan Contekstual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran PAI Di SMK Negeri 3 Payakumbuh . Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(2), 01–09. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i2.112
Hasbi, M. ., Melani, M. ., Aprison, W. ., & Husni, A. (2022). Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Lima Puluh Kota. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16438–16444. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.5048
Husaini, H. (2022). KONSEP DAN MODEL PEMBELAJARAN TADZKIRAH DALAM PENANAMAN AKHLAK KEPADA ANAK DIDIK UNTUK MEMBENTUK KEPRIBADIAN MANUSIA YANG BAIK. Cross-border, 5(1), 590-600.
Kurniawan, S. (2015). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kontekstual. Nur El-Islam, 2(1), 78-87.
Zuhdi, Saifudin.Metodologi Penelitian:Pendekatan Teoritis-Aplikatif.(Lamongan:UNISDA Press, 2001).
Utami, P. Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika dengan Rancangan Lesson Study Berbasis MGMP Secara Kolaboratif dan Berkesinambungan. Morrisey, GL 2002. Morrisey dan Perencanaan. Terjemahan oleh: Gianto Widianto. Jakarta: Prenhallindo. Nasution, S. 1996. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito. Nawawi, HH 2000. Manajemen Strategik, Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan Dengan Ilustrasi di Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Gadjah, 24
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 ALIFBATA: Journal of Basic Education

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



