Analisis Permasalahan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar

Penulis

  • Ridwan Universitas Almuslim Bireuen
  • Mulyana Mulyana Universitas Almuslim Bireuen
  • Fitri Sarabunis Universitas Almuslim Bireuen
  • Yusniar Yusniar Universitas Almuslim Bireuen
  • Intan Deliana Universitas Almuslim Bireuen
  • Syarfida Syarfida Universitas Almuslim Bireuen
  • Raihan Riska Universitas Almuslim Bireuen
  • Yulia Santi Universitas Almuslim Bireuen

DOI:

https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i1.785

Kata Kunci:

Analisis, pembelajaran IPS, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di UPTD SD Negeri 18 Peusangan. Berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPS dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang dominan menggunakan ceramah, keterbatasan media pembelajaran, serta kurangnya relevansi materi dengan kehidupan siswa. Selain itu, keterbatasan kompetensi guru dalam penggunaan teknologi dan penerapan metode inovatif juga menjadi faktor yang berkontribusi pada masalah ini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis hasil belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kurang termotivasi dan pasif selama pembelajaran IPS karena metode yang cenderung monoton dan materi yang tidak dikaitkan dengan pengalaman sehari-hari. Media pembelajaran yang terbatas pada buku teks membuat pembelajaran menjadi kurang menarik bagi siswa. Rendahnya nilai hasil belajar siswa menunjukkan bahwa mereka kesulitan memahami materi IPS secara mendalam. Diperlukan solusi berupa penerapan metode pembelajaran yang lebih interaktif, penggunaan media visual atau digital sederhana, dan pelatihan bagi guru dalam penggunaan teknologi serta metode pembelajaran berbasis siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustin, I. D. A., Azzahra, N. N., Pateka, P. A., Novianti, S., & Sofwan, M. (2024). Literature Review : Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 11672–11682. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/9292

Ariadi, I. K. G. S., Dharsana, I. K., & Sudana, D. N. (2017). PENGARUH KONTRUKTIVISME MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MELALUI LESSON STUDY SD KELAS V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).

Astuti, T., Suryani, N., & Sunardi, S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Program Unggulan Colomadu Karanganyar. Teknodika, 14(2), 62. https://doi.org/10.20961/teknodika.v14i2.34733

Hayati, R., Marzuki, M., Fachrurazi, F., Karim, A., Dewi, R., & Habsari, S. P. (2023). Penerapan filsafat pendidikan oleh tenaga pendidik di sekolah dasar. 10(1), 35–48. https://doi.org/https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i1,%20April.1702

Hayati, R., Syahputra, E., & Surya, E. (2024). Systematic Literature Review: Cultural Integration in Learning Concepts With an Ethnomathematics Approach. Proceedings of International Conference on Education, 2(1), 160–168. https://doi.org/10.32672/pice.v2i1.1333

Priyoga, S. C., Suryani, & Halidjah, S. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 1–15.

Ratnathatmaja, I. M., & Sujana, I. W. (2022). Video Pembelajaran Interaktif Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPS. … for Lesson and Learning …, 5(1), 127–135. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/download/46605/22403/130106

Rizqiani, T. A. P. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4277–4281.

Suci, N. A., Istiyati, S., & Kamsiyati, S. (2023). Analisis Kesulitan Belajar IPS dan Upaya Penanganan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/10.20961/jpd.v10i2.65869

Susilowati, A. (2022). Kesulitan belajar IPS pada siswa sekolah dasar. Jipsindo (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) , 9(1), 31–43. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo/article/view/47123

Utami, A. T., Mulyono, H., & Istiyati, S. (2021). Analisis kesulitan belajar dalam mata pelajaran IPS pada peserta didik kelas iv di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(2), 36–41. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i2.48747

Widarsih, R., & Faraz, N. J. (2016). EVALUASI KINERJA GURU IPS SMP BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI GURU DI KABUPATEN KEBUMEN. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.7646

Zuraini, Z., Nofriati, E., & Hayati, R. (2024). Optimalisasi Model-Model Pembelajaran pada Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Menghadapi Era Society 5.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 6047–6051. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4624

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-21

Cara Mengutip

Ridwan, R., Mulyana, M., Sarabunis, F., Yusniar, Y., Deliana, I., Syarfida, S., Riska, R., & Santi, Y. (2025). Analisis Permasalahan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 76-81. https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i1.785

Terbitan

Bagian

Article (Peer-reviewed)