Analisis Permasalahan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i1.785Kata Kunci:
Analisis, pembelajaran IPS, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di UPTD SD Negeri 18 Peusangan. Berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPS dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang dominan menggunakan ceramah, keterbatasan media pembelajaran, serta kurangnya relevansi materi dengan kehidupan siswa. Selain itu, keterbatasan kompetensi guru dalam penggunaan teknologi dan penerapan metode inovatif juga menjadi faktor yang berkontribusi pada masalah ini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis hasil belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kurang termotivasi dan pasif selama pembelajaran IPS karena metode yang cenderung monoton dan materi yang tidak dikaitkan dengan pengalaman sehari-hari. Media pembelajaran yang terbatas pada buku teks membuat pembelajaran menjadi kurang menarik bagi siswa. Rendahnya nilai hasil belajar siswa menunjukkan bahwa mereka kesulitan memahami materi IPS secara mendalam. Diperlukan solusi berupa penerapan metode pembelajaran yang lebih interaktif, penggunaan media visual atau digital sederhana, dan pelatihan bagi guru dalam penggunaan teknologi serta metode pembelajaran berbasis siswa.
Unduhan
Referensi
Agustin, I. D. A., Azzahra, N. N., Pateka, P. A., Novianti, S., & Sofwan, M. (2024). Literature Review : Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 11672–11682. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/9292
Ariadi, I. K. G. S., Dharsana, I. K., & Sudana, D. N. (2017). PENGARUH KONTRUKTIVISME MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MELALUI LESSON STUDY SD KELAS V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Astuti, T., Suryani, N., & Sunardi, S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Program Unggulan Colomadu Karanganyar. Teknodika, 14(2), 62. https://doi.org/10.20961/teknodika.v14i2.34733
Hayati, R., Marzuki, M., Fachrurazi, F., Karim, A., Dewi, R., & Habsari, S. P. (2023). Penerapan filsafat pendidikan oleh tenaga pendidik di sekolah dasar. 10(1), 35–48. https://doi.org/https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i1,%20April.1702
Hayati, R., Syahputra, E., & Surya, E. (2024). Systematic Literature Review: Cultural Integration in Learning Concepts With an Ethnomathematics Approach. Proceedings of International Conference on Education, 2(1), 160–168. https://doi.org/10.32672/pice.v2i1.1333
Priyoga, S. C., Suryani, & Halidjah, S. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 1–15.
Ratnathatmaja, I. M., & Sujana, I. W. (2022). Video Pembelajaran Interaktif Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPS. … for Lesson and Learning …, 5(1), 127–135. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/download/46605/22403/130106
Rizqiani, T. A. P. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4277–4281.
Suci, N. A., Istiyati, S., & Kamsiyati, S. (2023). Analisis Kesulitan Belajar IPS dan Upaya Penanganan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/10.20961/jpd.v10i2.65869
Susilowati, A. (2022). Kesulitan belajar IPS pada siswa sekolah dasar. Jipsindo (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) , 9(1), 31–43. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo/article/view/47123
Utami, A. T., Mulyono, H., & Istiyati, S. (2021). Analisis kesulitan belajar dalam mata pelajaran IPS pada peserta didik kelas iv di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(2), 36–41. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i2.48747
Widarsih, R., & Faraz, N. J. (2016). EVALUASI KINERJA GURU IPS SMP BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI GURU DI KABUPATEN KEBUMEN. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.7646
Zuraini, Z., Nofriati, E., & Hayati, R. (2024). Optimalisasi Model-Model Pembelajaran pada Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Menghadapi Era Society 5.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 6047–6051. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4624
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ridwan, Mulyana Mulyana, Fitri Sarabunis, Yusniar Yusniar, Intan Deliana, Syarfida Syarfida, Raihan Riska, Yulia Santi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



