Karakteristik dan Pengembangan Layanan Pendidikan Islam bagi Anak Tunadaksa di SLB Negeri 1 Sleman Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i1.881Kata Kunci:
Anak Berkebutuhan Khusus, Karakteristik, Tunadaksa , peelayanan pendidikanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memahami karakteristik layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan Islam di SLB Negeri 1 Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data melalui tiga tahap, yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya penelitian menunjukkan bahwa karakteristik siswa tunadaksa di SLB 1 Sleman Yogyakarta dikategorikan siswa yang memiliki kesulitan dalam motorik, interaksi sosial, dan pengelolaan emosi. Layanan pengembangan pendidikan Islam yang sesuai untuk mereka dirancang agar responsif terhadap kebutuhan khusus ini, dengan penekanan pada pendekatan pengajaran yang fleksibel dan inklusif, yang memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih mudah dipahami dan diterima. Kontribusi penelitian adalah menambah wawasan tentang pelayanan pendidikan bagi siswa tunadaksa dengan berbagai pendekatan pelayanan, termasuk urgensi kerja sama antara guru, orang tua, dan masyarakat dalam membangun suasana edukatif yang kondusif. Studi ini juga berperan penting dalam meningkatkan pemahaman serta pengembangan layanan pendidikan Islam yang ditingkatkan untuk anak tunadaksa sambil memberi saran untuk cara pendidikan yang lebih berhasil di hari-hari yang akan datang.
Unduhan
Referensi
Abdullah, & Rahmawati. (2019). Strategi Penanganan Guru Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Keleyan Socah Bangkalan. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 4(2), 130–152.
APRILIA IRIN, Dr.Sudarno Shobron, M. A., & Dr. Abdullah Aly, M. A. (20. (2017). Implementasi Pembelajaran Pendidikan AgamaIslam Pada Siswa Tuna Daksa Sekolah Luar BiasaBagian D Yayasan Pembinaan Anak Cacat SurakartaTahun 2017/2018. Thesis Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta., 117.
Astati. (2006). Anak Tunadaksa, karakteristik dan Model Pendidikan. Pendidikan Luar Biasa-UPI Bandung, 1(1), 1–10.
Emilia, K., Primaningrum, R. N., Husna, D. U., & Dahlan, U. A. (2024). Karakteristik Dan Model Pembelajaran Pai Bagi Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ) DI SLB / A Yaketunis. 1.
Faridah, I. (2019). ISLAM PADA ANAK TUNADAKSA KELAS VII DI YAYASAN.
Handajani, S. (2016). Modul Guru Pembelajaran SLB Tunadaksa Kelompok Kompetensi B. In Pptk Dan Plb Bandung.
Hanum, L. (2017). Pembelajaran Pai Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(2), 217–236. https://doi.org/10.14421/jpai.2014.112-05
Insan, J., Humaniora, S., Mei, N., Azifa, N., Adillah, P., Rehulina, D., & Hibatullah, A. (2024). Model Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Yang Mengalami Kecacatan Fisik data berupa studi literatur dari berbagai referensi yang relevan dengan gejala yang diamati. 2(2), 156–168.
Jafar, F. S. dan M. S. (2018). Jurnal psikologi. Jurnal Psikologi, 4(1), 1–9. https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/17801/15824
Khoirin Nida, F. L. (2018). Membangun Konsep Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 45. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4265
Konza, D. (2008). Inclusion of students with disabilities in new times: responding to the challenge (pp. 39–64).
Kristiyanto, R., Muhaimin, A. N., Aryanto, A., Salsabila, F., & Husna, D. (2023). Metode Pembelajaran PAI untuk Siswa Tunadaksa. ANWARUL Jurnal Pendidikan Dan Dakwak, 3(1), 42–50.
Lestari, A., Sabila, R., Husna, D., Anendi, Y., & Anshori, A. A. (2023). Pengaruh Orang Tua, Guru, dan Lingkungan terhadap Tuna Daksa dalam Spiritual Quotient. Journal of Educational Innovation and Public Health, 1(1), 64–75. https://prin.or.id/index.php/Innovation/article/view/775/855
Miles, M., Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis_ A Methods Sourcebook - PDF Room.
Pangestu, A. A., Putri, H. K., Salsabilla, N., Filkhaqq, A., Yasmin, G., Harjanti, N., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2022). Karakteristik Dan Model Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan. 4(2).
Priya, A. (2021). Case Study Methodology of Qualitative Research: Key Attributes and Navigating the Conundrums in Its Application. Sociological Bulletin, 70(1), 94–110. https://doi.org/10.1177/0038022920970318
Putra, P. H., Herningrum, I., & Alfian, M. (2021). Pendidikan Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Kajian tentang Konsep, Tanggung Jawab dan Strategi Implementasinya). Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 80–95. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i1.55
Ramadhana, R. N. (2020). Tantangan Pendidikan Inklusi Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lambung Mangkurat, 1–10.
Salsabyla, S., Tiastuti, E. R., & Maruti, E. S. (2023). Karakteristik dan Cara Mengajar Anak Tuna Daksa di SLB PSM Takeran. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 2(1), 75–80.
Seviarica, H. P., Akhmad, F., Berliyana, A. S., Atmojo, S. T., & Fauzi, R. (2021). Karakteristik dan Pengembangan Pelayanan Pendidikan Islam Anak Tunadaksa. Anwarul, 1(1), 102–120. https://doi.org/10.58578/anwarul.v1i1.48
Siburian, A. M., Siahaan, R., Turnip, H., Pendidkan, F. I., Agama, I., & Tarutung, K. N. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Terpadu pada Siswa Berkebutuhan Khusus di SLB (Sekolah Luar Biasa). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 229–233.
Syarief, N. S., Pangestu, A. A., Putri, H. K., Filkhaqq, T. A., & Harjanti, G. Y. N. (2022). Karakteristik Dan Model Pendidikan Bagi Anak Tuna Daksa. Ej, 4(2), 275–285. https://doi.org/10.37092/ej.v4i2.337
Zakiyah, U. L., Mahmudah, S., & Aisah, S. (2022). Pendidikan Akhlak Pada Anak Tuna Daksa di SDN Mojoroto 1 Kota Kediri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4 SE-Articles), 664–671. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5299
Lestari, A., Sabila, R., Husna, D., Anendi, Y., & Anshori, A. A. (2023). Pengaruh Orang Tua, Guru, dan Lingkungan terhadap Tuna Daksa dalam Spiritual Quotient. Journal of Educational Innovation and Public Health, 1(1), 64–75. https://prin.or.id/index.php/Innovation/article/view/775/855
Lisma br Manik, Elen Varelija Pasaribu, E. S. H. (2023). Implementasi Pendidikan Bagi Anak Tunadaksa. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 11227–11249.
Syarief, N. S., Pangestu, A. A., Putri, H. K., Filkhaqq, T. A., & Harjanti, G. Y. N. (2022). Karakteristik Dan Model Pendidikan Bagi Anak Tuna Daksa. Ej, 4(2), 275–285. https://doi.org/10.37092/ej.v4i2.337
Zumratun, Z. (2023). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (Tuna Daksa) Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Desa Tente Kec. Woha. Fashluna, 4(1), 78–86. https://doi.org/10.47625/fashluna.v4i1.478.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Mareta Wulandari, Arif Munandar, Rahma Nurul Azizah, Difa’ul Husna

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



