PENERAPAN METODE GERAK TANGAN UNTUK MENINGKATKAN INGATAN SISWA DALAM MENGHAFAL LAFADZ DAN TERJEMAHAN SURAH AL-QADR
DOI:
https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v1i2.276Kata Kunci:
Mengafal Lafadz dan Terjemahan Surah Al-Qadr; Meningkatkan Ingatan; Metode Gerak TanganAbstrak
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatkan ingatan siswa dalam menghafal lafadz dan terjemahan surah Al-Qadr melalui penerapan metode gerakan tangan pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI NW Kalijaga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB sebanyak 14 siswa. Jenis peenelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis & Mc Taggart(1998) setiap siklusnya terdiri dari empat langkah yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode gerak tangan dapat meningkatkan ingatan hafalan siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada materi surah Al-Qadr. Pada pra siklus menunjukkan bahwa dari 14 siswa, hanya 4 siswa yang sudah memenuhi KBM (72%) dengan nilai rata-rata peserta didik sebesar 58,57 dan persentase 29%. Siklus I terdapat peningkatan ketuntasan menjadi 7 siswa dengan nilai rata-rata 61,07 dan persentase 50%. Pada siklus II peningkatan emakin meningkat menjadi 12 siswa dengan nilai rata-rata 83,28 dan persentase 86%.
Unduhan
Referensi
Jurnal Prodi PGMI, Vol. 5, No. 2, Oktober 2020 http://journal.ummat.ac.id/index.php/ibtidaiy
Ali Mohtarom dan Wiwin Qomariyah, Implementasi Metode Apel Dalam Menghafal Juz ‘Amma Guna Meningkatkan Daya Ingat Santri Madin Childern, jurnal al-Murabbi, Volume 1, Nomor 1, 2016
Jurnal PAI Raden falah, Vol. 2, No. 1, (Januari 2020): 60-73 P-ISSN 2656-1549 and E-ISSN 2656-0712 http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/pairf
Kunandar, 2010, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan
Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Muh. Fahru Rosyid(2018), penerapan metode information search,dalam meningkatkan hasil belajar materi tentang surat al-kautsar pada siswa kelas iv semester ganjil mi al hikmah tanjungrejo kecamatan wuluhan kabupaten jember tahun pelajaran.
Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 6 No. 2, Desember 2019.
Purwanto, N. 1988. Prinsip-prinsip dan Teknis Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Demolinsara Lin, Muhammad Munir

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License Terms
Karya dalam Jurnal AL-Muta`aliyah dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) dengan ketentuan sebagai berikut:
1) Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini.
2) Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
3) Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.