PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Muhammad Munir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Hijriati Sholehah STTL Mataram

DOI:

https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v2i2.359

Kata Kunci:

Metode Demontrasi, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA

Abstrak

Abstrak

Metode demonstrasi adalah pertunjukkan tentang proses terjadinya suatu peristiwa atau benda sampai pada penampilan tingkah laku yang dicontohkan agar dapat diketahui dan dipahami oleh peserta didik secara nyata atau tiruannya. Dengan kata lain metode demontrasi merupakan sebuah metode praktek yang dilakukan dengan cara memperagakan atau mempertunjukkan kepada siswa terkait dengan materi atau pembahasan pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan, dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa dokumen yaitu artikel atau skripsi lima tahun terdahulu. Bedasarkan hasil analisis dokumen, bahwa Penerapan Metode Demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA sekolah dasar sangat cocok diterapkan di sekolah dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Darsono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Dewanti, Rahmi, dan A Fajriwati. 2020. “Metode Demonstrasi dalam meningkatkan Pembelajaran Fiqih.” URNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer 11 (1): 88–98.

Diani Ayu Pratiwi, M P, M P Yosefina Uge Lawe, M P Muhammad Munir, M S Dr. Abdul Wahab, M P Gingga Prananda, M P Dr. Intan Safiah, M P Didik Efendi, et al. 2021. Perencanaan pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://books.google.co.id/books?id=-%5C_A3EAAAQBAJ.

Endayani, TB, Cut Rina, dan Maya Agustina. 2020. “Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD 5 (2): 150–58. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155.

Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Kualitatif : Rekonstruksi Pemikiran Dasar Natural Research. Malang: Literasi Nusantara.

Haryati, Atik. 2022. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN IPA RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA DI KELAS VI SEKOLAH DASAR.” JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG 5 (1): 58–64. https://doi.org/10.35569/jpg.v5i1.1249.

Kudisiah, HJ. 2018. “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya menggunakan Metode Demontrasi Pada Siswa kelas IV SDN Bedus Tahun Pelajaran 2017/2018.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 4 (2): 195–202.

Malasari. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar siswa pada materi gaya melalui metode demontrasi pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Yaminas Loppe Kabupaten Luwu.” Journal of Teaching and Learning Research 1 (1): 21–32.

Munir, Muhammad, dan Ali Mahmudi. 2018. “Pengembangan perangkat pembelajaran geometri sekolah menengah pertama dengan pembelajaran berbasis masalah.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 5 (2). https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.10036.

Nurjanah. 2017. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajarn Siswa Melalui Metode Demontrasi Pada Konsep berbagai Bentuk Energi dan Manfaatnya dalam kehidupan Sehari-hari pada Mata Pelajaran IPA kelas 1 SD Negeri 58 Rejang Lebong.” Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10 (1): 22–26.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sartini, Syamsiati, dan Hery Kresnadi. 2020. “Penerapan Metode Demontrasi Dalam Pemelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan pembelajaran 4 (7): 1–12

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-23

Cara Mengutip

Munir, Muhammad, dan Hijriati Sholehah. “PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR ”. Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 2 (Agustus 23, 2022): 28 - 32. Diakses Desember 7, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/almutaliyah/article/view/359.

Terbitan

Bagian

Articles (Peer Reviewed)