PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE WORKSPACE TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SELAMA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v2i2.362Kata Kunci:
Problem Based Learning, Keterampilan Komunikasi, Google WorkspaceAbstrak
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterampilan komunikasi siswa yang menjalani pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Google Workspace dan pembelajaran reguler. Google Workspace merupakan alat dalam bentuk aplikasi yang digunakan sebagai bantuan untuk mempermudah pembelajaran daring selama masa pandemi, aplikasi yang digunakan dalam diantaranya adalah Google Classroom, Google Document, Google Form dan Google Meet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 (kelas eksperimen) dan XI IPA 4 (kelas kontrol) di SMA Laboratorium Malang, dimana kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL berbatuan Google Workspace dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran reguler. Keterampilan komunikasi diukur menggunakan lembar observasi yang telah disesuaikan dengan indikator keterampilan komunikasi oleh Greenstein. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil uji hipotesis dengan uji ANACOVA menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan komunikasi antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbatuan Google Workspace dibandingkan dengan model pembelajaran reguler.
Unduhan
Referensi
Ahmetoglu, E., & Acar, I. H. (2016). The Correlates of Turkish Preschool Preservice Teachers’ Social Competence, Empathy and Communication Skills. European Journal of Contemporary Education, 16(2), 188–197. https://doi.org/10.13187/ejced.2016.16.188
Allo, M. D. G. (2020). Is The Online Learning Good in The Midst of Covid-19 Pandemic ? The Case of EFL Learners. Jurnal Sinestesia, 10(1), 1–10.
Anam, K., Sudarwo, R., & Wiradharma, G. (2020). Application of the Problem Based Learning Model to Communication Skills and Mathematical Problem Solving Skills in Junior High School Students. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 4(2), 155. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i2.2553
Awang, H., & Daud, Z. (2015). Improving a Communication Skill Through the Learning Approach Towards the Environment of Engineering Classroom. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 480–486. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.241
Dipalaya, T., Susilo, H., & Duran Corebima, A. (2016). Tersedia secara online EISSN: 2502-471X PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS- EXPLAIN) PADA KEMAMPUAN AKADEMIK BERBEDA TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA. Jurnal Pendidikan, 1, 1713–1720.
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. Corwin.
Huang, R. H., Liu, D. J., Tlili, A., Yang, J. F., & Wang, H. H. (2020). Handbook on Facilitating Flexible Learning During Educational Disruption: The Chinese Experience in Maintaining Undisrupted Learning in COVID-19 Outbreak. In Smart Learning Institute of Beijing Normal University UNESCO. https://iite.unesco.org/news/handbook-on-facilitating-flexible-learning-during-educational-disruption/
Iftitahurrahimah, I., Andayani, Y., & Al Idrus, S. W. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Non-Elektrolit. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 7. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1289
Krisanti, E., & Mulia, K. (2016). Penerapan Metode Problem-Based Learning (PBL). LeutikaPrio.
Lufri, L., Elmanazifa, S., & Anhar, A. (2021). the Effect of Problem-Based Learning Model in Information Technology Intervention on Communication Skills. Jurnal Ta’dib, 24(1), 46. https://doi.org/10.31958/jt.v24i1.2456
Maridi, M., Suciati, S., & Permata, B. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Lisan dan Tulisan melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas X SMA Improvement of Oral and Written Communication Skills through Problem Based Learning Model for High School Students. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 182–187. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v
Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online Teaching-Learning in Higher Education during Lockdown Period of COVID-19 Pandemic. International Journal of Educational Research Open, 1. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012
Mu’minati, I. S., Jalmo, T., & Marpaung, R. R. T. (2016). Pembelajaran Tipe Jigsaw Menumbuhkan Keterampilan Komunikasi Lisan dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 14. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 59–68.
Pattiwael, A. S. (2016). Addressing 21st Century Communication Skills: Some Emerging Issues from Eil Pedagogy & Intercultural Communicative Competence. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 3(2), 158–170. https://doi.org/10.15408/ijee.v3i2.3164
Pratama, M. A. R., Cahyono, E., & Aggraito, Y. U. (2019). Implementation of Problem Based Learning Model to Measure Communication Skills and Critical Thinking Skills of Junior High School Students. Journal of Innovative Science Education, 8(3), 324–331. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
Rahman, R., Sopandi, W., Widya, R. N., & Yugafiati, R. (2019). Literacy in The Context of Communication Skills for The 21st Century Teacher Education in Primary School Students. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 3(1). https://doi.org/10.20961/ijsascs.v3i1.32462
Tan, O. S. (2003). Problem based Learning Innovation : Using Problems to Power Learning in the 21st Century. Cengage Learning.
Yulianti, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Marosa Robi’atul Adawiyah Marosa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Terms
Karya dalam Jurnal AL-Muta`aliyah dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) dengan ketentuan sebagai berikut:
1) Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini.
2) Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
3) Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.