Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Materi Sumber Energi di Kelas IV SD IT Ar-Roudloh Batang

Penulis

  • Ayyum Mustanfidah Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Nalim Nalim Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v4i01.581

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe teams games tournament (TGT), Keaktifan Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar siswa pada materi sumber energi di kelas IV SDIT Ar Roudloh Batang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IVB dan IVC, dengan kelas IVB sebagai kelas kontrol berjumlah 28 siswa dan kelas IVC sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Serta analisis data menggunakan uji Mann Whitney untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata post-test nilai lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Berdasarkan uji Mann Whitney diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament pada materi sumber energi efektif terhadap keaktifan belajar siswa di kelas IV SDIT Ar Roudloh Batang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.

Astuti, W., & Kristin, F. (n.d.). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA. In Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 3).

Damayanti, S., & Apriyanto, M. T. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA How to Cite (APA 6 th Style. 02, 235–244. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00

Hartono, D. (2008). Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Menyenangkan. Zanafa.

Jannah, N. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran Tematik Muatan IPS di MI NW Kalijaga. 1(2), 2502–2474. https://doi.org/10.51700/almutaliyah

Malik, aini, & Marlina, S. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA MELALUI ARITMATIKA DI TAMAN KANAK-KANAK. 3(2), 22–27. https://doi.org/10.31764

Mutadi. (2007). Pendekatan Efektif dalam Pembelajaran Matematika. Pusdiklat Teknis Keagamaan DEPAG.

Nalim, & Salafudin. (2012). Statistika Deskriptif. STAIN Pekalongan Press.

Novia Pitriani, N., Noviati, P. R., & Juanda, R. Y. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS MEDIA CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas II SD Negeri Sukasari Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2020/2021): Vol. I (Issue 1). https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/pi-math

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J., FIP Lantai, G. B., Setiabudhi, J., Rachma Thalita, A., Dyas Fitriyani, A., & Nuryani, P. (n.d.). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV.

Ponidi, D. (2021). Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Adab.

Sa’diyah, H., Ramadani, A. S., Ningsih, Y., & -, S. (2022). Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Kooperatif Tipe teams games tournaments (Tgt) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematikasiswa. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 109–115. https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.594

Sinar. (2018). Active Learning. CV Budi Utama.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Sujarweni, W. (2011). Metodologi Penelitian. Pustaka Baru Press.

Syah, D. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Diadit Media.

Widyastuti, N. S., & Suprapti, S. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran teams games tournament (Tgt) Bagi Siswa Kelas Vi Sd Negeri Kotagede 3. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(3), 1183–1187. https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i3.10212

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-12

Cara Mengutip

Mustanfidah, Ayyum, dan Nalim Nalim. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Sumber Energi Di Kelas IV SD IT Ar-Roudloh Batang”. Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 01 (Desember 12, 2024): 1-8. Diakses Desember 21, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/almutaliyah/article/view/581.

Terbitan

Bagian

Articles (Peer Reviewed)