STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI NW KARANG BATA KOTA MATARAM
indoneia
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v2i1.284Keywords:
Selected:Kesulitan Belajar Matematika; Pandemi Covid-19; Strategi GuruAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap kesulitan belajar matematika pada masa pandemi Covid-19. Dengan adanya kesulitan belajar siswa, maka perlu adanya strategi yang tepat dari guru dalam mengatasi kesulitan tersebutPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun metode pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan, sedangkan teknik keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik, waktu dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada masa pandemi Covid-19 di kelas IV MI NW Karang Bata adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Ekspositori dan strategi pembelajaran Kooperatif. Selain itu strategi guru kelas IV yang membedakan dengan guru lain adalah (a) guru memastikan kesiapan belajar siswa, (b) guru menggunakan media pembelajaran dengan benda-benda nyata, (c) permasalahan yang diberikan merupakan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, (d) tingkat kesulitan masalah sesuai dengan kemampuan anak, dan (e) memberi kebebasan kepada anak untuk menyelesaikan masalah, serta (f) menghilangkan rasa takut siswa untuk belajar matematik
Downloads
References
Bunga Rampai, (2018), Pengembangan Budaya Akademik Dosen Hasil kajian dan Hasil penelitian, Jakarta: FTK YIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Evi Soviawati, (2011) “Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar”, Edisi Khusus No.2, Agustus 2011, hlm. 80
Firliani, dkk.(2019) “Teori Thorndike dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika”, Universitas Majalengka
Guru MI NW Karang Bata, Dokumentasi, MI NW Karang Bata, 02 Maret 2021.
Guru MI NW Karang Bata, Wawancara, MI NW Karang Bata Kota Mataram, 02 Maret 2021.
H. Aswan, (2016), Strategi Pembelajaran, Yogtakarta: Aswaja Pressindo
Hasil Observasi di MI NW Karang Bata , Sabtu 9 Oktober 2021.
J. Mursell dan S. Nasution, (2006), Mengajar Dengan Sukses, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Meriyati, (2015) Memahami Karakteristik Anak Didik, Bandar Lampung: Fakta Press IAin Raden Intan lampung
Mulyadi, Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus, Yogyakarta: Nuha Litera
Mulyana Sumantri, (2007), Media Pembelajaran, Bandung: Bumi Aksara
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika, dokumentasi, Karang Bata, 11 Oktober 2021.
Ridwan Abdullah Sani, (2019), Strategi Belajar Mengajar, Depok: PT Raja Grafindo Persada
Seri Ningsih, (2014) “Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah”, IAIN Atasari Banjarmasin, Vol. 01, No. 02, Juni 2014, hlm.76.
Siti Hidayatus Sholehah.(2018) “Minat belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri Karangtoro 04 Semarang”. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 23 Nomor 3, 2018, ISSN: 1829-8777X, hlm. 237.
Sugiyono. 2013 Metodelogi penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Surat Edaran Mendikbud No. 2 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kewajiban Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebab Corona Virus Disease (Covid-19), Pusdiklat Pegawai Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 24 Maret 2020”, dalam https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-4tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebarab-corona-virus-disease-Covid-19/. Diakses tanggal 01 April 2021, pukul 10.01 WITA.
Wahyudin Nur Nasution, (2017), Strategi Pembelajaran, Medan: Perdana Publishing
Waqi’atul Fadlilah, (2018) “Self-Directed learning Of Islamic Kindergarten Students in Improving Multiple Children’s Intergences”, Probolinggo, Vol. 10, Nomor 1, 2018
Wina Sanjaya, (2016), Strategi Pembelajaran Berorientasi standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenadamedia grup,
Downloads
Published
Versions
- 2022-02-07 (2)
- 2022-01-31 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Ruqoiyyah Karim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



