Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2022-01-31. Baca versi terbaru.

STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI NW KARANG BATA KOTA MATARAM

indoneia

Penulis

  • Siti Ruqoiyyah Karim Universitas Islam Negeri Mataram
  • Rizki Isma Wulandari Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.51700/alifbata.v2i1.284

Kata Kunci:

Kesulitan Belajar Matematika; Pandemi Covid-19; Strategi Guru

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap kesulitan belajar matematika pada masa pandemi Covid-19. Dengan adanya kesulitan belajar siswa, maka perlu adanya strategi yang tepat dari guru dalam mengatasi kesulitan tersebutPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun metode pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan, sedangkan teknik keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik, waktu dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada masa pandemi Covid-19 di kelas IV MI NW Karang Bata adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Ekspositori dan strategi pembelajaran Kooperatif. Selain itu strategi guru kelas IV yang membedakan dengan guru lain adalah (a) guru memastikan kesiapan belajar siswa, (b) guru menggunakan media pembelajaran dengan benda-benda nyata, (c) permasalahan yang diberikan merupakan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, (d) tingkat kesulitan masalah sesuai dengan kemampuan anak, dan (e) memberi kebebasan kepada anak untuk menyelesaikan masalah, serta (f) menghilangkan rasa takut siswa untuk belajar matematik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bunga Rampai, (2018), Pengembangan Budaya Akademik Dosen Hasil kajian dan Hasil penelitian, Jakarta: FTK YIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Evi Soviawati, (2011) “Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar”, Edisi Khusus No.2, Agustus 2011, hlm. 80

Firliani, dkk.(2019) “Teori Thorndike dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika”, Universitas Majalengka

Guru MI NW Karang Bata, Dokumentasi, MI NW Karang Bata, 02 Maret 2021.

Guru MI NW Karang Bata, Wawancara, MI NW Karang Bata Kota Mataram, 02 Maret 2021.

H. Aswan, (2016), Strategi Pembelajaran, Yogtakarta: Aswaja Pressindo

Hasil Observasi di MI NW Karang Bata , Sabtu 9 Oktober 2021.

J. Mursell dan S. Nasution, (2006), Mengajar Dengan Sukses, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Meriyati, (2015) Memahami Karakteristik Anak Didik, Bandar Lampung: Fakta Press IAin Raden Intan lampung

Mulyadi, Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus, Yogyakarta: Nuha Litera

Mulyana Sumantri, (2007), Media Pembelajaran, Bandung: Bumi Aksara

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika, dokumentasi, Karang Bata, 11 Oktober 2021.

Ridwan Abdullah Sani, (2019), Strategi Belajar Mengajar, Depok: PT Raja Grafindo Persada

Seri Ningsih, (2014) “Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah”, IAIN Atasari Banjarmasin, Vol. 01, No. 02, Juni 2014, hlm.76.

Siti Hidayatus Sholehah.(2018) “Minat belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri Karangtoro 04 Semarang”. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 23 Nomor 3, 2018, ISSN: 1829-8777X, hlm. 237.

Sugiyono. 2013 Metodelogi penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Surat Edaran Mendikbud No. 2 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kewajiban Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebab Corona Virus Disease (Covid-19), Pusdiklat Pegawai Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 24 Maret 2020”, dalam https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-4tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebarab-corona-virus-disease-Covid-19/. Diakses tanggal 01 April 2021, pukul 10.01 WITA.

Wahyudin Nur Nasution, (2017), Strategi Pembelajaran, Medan: Perdana Publishing

Waqi’atul Fadlilah, (2018) “Self-Directed learning Of Islamic Kindergarten Students in Improving Multiple Children’s Intergences”, Probolinggo, Vol. 10, Nomor 1, 2018

Wina Sanjaya, (2016), Strategi Pembelajaran Berorientasi standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenadamedia grup,

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-31

Versi

Cara Mengutip

Karim, S. R., & Wulandari, . R. I. . (2022). STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI NW KARANG BATA KOTA MATARAM : indoneia. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1). https://doi.org/10.51700/alifbata.v2i1.284

Terbitan

Bagian

Research Articles (Peer Review)