Implementation of Student Character Education through an Attitude of Responsibility at Jogja Green School

Authors

  • Suci Handhayani Universitas PGRI Yogyakarta
  • Mareeta Nara Puspitaningrum Universitas PGRI Yogyakarta
  • Zulfanur Fayuda Universitas PGRI Yogyakarta
  • Dimas Raskian Aji Universitas PGRI Yogyakarta
  • Imamatul Mustafiahe Universitas PGRI Yogyakarta
  • Taufik Muhtarom Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i1.854

Keywords:

Jogja Green School, pendidikan karakter, tanggung jawab

Abstract

Dunia Pendidikan merupakan tempat untuk mendapatkan edukasi yang bermanfaat bagi setiap siswa, salah satunya yaitu edukasi tentang implementasi karakter tanggung jawab bagi setiap siswa. Sehingga membentuk pribadi siswa yang memiliki nilai-nilai moral dan sosial yang baik. Penerapan sikap tanggung jawab dimulai sejak usia dini merupakan tindakan yang memiliki pengaruh yang tinggi dan Tindakan yang benar dalam sekolah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui impelementasi karakter sikap tanggung jawab yang ada di Jogja Green School. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jogja Green School menerapkan pendidikan karakter melalui berbagai kegiatan, seperti pembelajaran berbasis proyek, pengelolaan lingkungan, dan pembiasaan kegiatan sosial yang melibatkan tanggung jawab. Program-program ini membantu siswa untuk memahami dan mempraktikkan sikap tanggung jawab baik dalam kehidupan pribadi, sosial, maupun akademik. Secara keseluruhan, implementasi pendidikan karakter melalui sikap tanggung jawab di Jogja Green School memberikan dampak positif terhadap perkembangan karakter siswa, dan memperkuat nilai-nilai sosial dalam lingkungan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyyah, R. R., Lutfah, S. A., & Lathifah, Z. K. (2017). Pengelolaan Tenaga Pendidik Pada Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 75. https://doi.org/10.30997/dt.v4i2.921

Amidah, A., & Kholifah, A. N. (2021). Pembentukan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Jaga Regol. Ibtida, 02(01), 67–77.

Annur, Y. F., Yuriska, R., Arditasari, S. T., & Bengkulu, U. (2021). Pendidikan karakter dan etika dalam pendidikan. 330–335.

Mustari, M. (2015). Manajemen Pendidikan Di Era Merdeka Belajar.

Ningrum, Ifa Khoiria; Purnama, Y. I. (2019). BUKU SEKOLAH ALAM PDF.pdf. In Sekolah Alam (pp. 1–45).

Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, T. (2020). Inovasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sosial dan Budaya. Journal GEEJ, 7(2).

Putri, R. A., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2022). Problematika Guru Dalam Program Pembiasaan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar. P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 33–42. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i1.3054

Ranam, S., Muslim, I. F., & Priyono, P. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Di Pesantren Modern El-Alamia Dengan Memberikan Keteladanan Dan Pembiasaan. Research and Development Journal of Education, 7(1), 90. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8192

Rasyid, R., Fajri, M. N., Wihda, K., Ihwan, M. Z. M., & Agus, M. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 8(2), 1278–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7355

Rofiq, M. H. (2017). Kedisiplinan Siswa Melalui Hukuman Perspektif Stakeholder Pendidikan. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 71–83. https://doi.org/10.31538/nidhomulhaq.v2i2.29

Setiawati, N. A. (2020). Implikasi Metode Belajar Bersama Alam Di School Of Universe. 1(1), 36–42.

Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627

Sujarweni, W. (2020). Metodologi Penelitian.

Supranoto, H. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran Sma. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 36–49. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.141

Syifa, U. Z., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. (2022). Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 568–577. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2071

Wanabuliandari, S., & Ardianti, S. D. (2018). Pengaruh Modul E-Jas Edutainment terhadap Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 70–79. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p70-79

Yasfin, N., Putri, E., Agung, I. G., Anjali, S., & Anggraini, A. E. (2024). Konsep Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Menurut Perspektif Ki Hadjar Konsep Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Menurut Perspektif Ki Hadjar Dewantara. February. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3456

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

handhayani, suci, Puspitaningrum, M. N., Fayuda, Z., Aji, D. R. ., Mustafiahe, I. ., & Muhtarom, T. . (2025). Implementation of Student Character Education through an Attitude of Responsibility at Jogja Green School. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 53-62. https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i1.854

Issue

Section

Article (Peer-reviewed)