Implementasi Pendidikan Karakter Siswa melalui Sikap Tanggung Jawab di Jogja Green School

Penulis

  • Suci Handhayani Universitas PGRI Yogyakarta
  • Mareeta Nara Puspitaningrum Universitas PGRI Yogyakarta
  • Zulfanur Fayuda Universitas PGRI Yogyakarta
  • Dimas Raskian Aji Universitas PGRI Yogyakarta
  • Imamatul Mustafiahe Universitas PGRI Yogyakarta
  • Taufik Muhtarom Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i1.854

Kata Kunci:

Jogja Green School, pendidikan karakter, tanggung jawab

Abstrak

Pendidikan karakter yang menjadi dasar dan utama dalam membangun generasi yang bartanggung jawab menjadikan sebuah perhatian dalam pendidikan di sekolah dasar. Dalam berbagai bentuk karakter yang harus dikembangkan siswa, salah satunya yaitu karakter tanggung jawab. Dari penelitian ini memfokuskan pada pengembangan karakter tanggung jawab yang di terapkan di Jogja Green School seperti apa. Jogja Green School merupakan salah satu sekolah alam yang ada di Jogja dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dapat juga menguatkan karakter tanggung jawab pada siswa. Untuk mengetahui bagaimana penerapan yang dilakukan pada siswa di sekolah tersebut, penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yaitu suatu penelitian yang ditunjukkan untuk mendiskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas social dengan melakukan observasi dan wawancara terhadap subjek penelitian yakni guru dan siswa. Hasil dari penelitian kami, terdapat penerapan yang menunjukan bahwa pendidikan karakter dalam Jogja Green School melalui beberapa kegiatan di sekolah dengan sikap tanggung jawab siswa sebagai salah satu upaya penguatan pendidikan karakter di Jogja Green School.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aliyyah, R. R., Lutfah, S. A., & Lathifah, Z. K. (2017). Pengelolaan Tenaga Pendidik Pada Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 75. https://doi.org/10.30997/dt.v4i2.921

Amidah, A., & Kholifah, A. N. (2021). Pembentukan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Jaga Regol. Ibtida, 02(01), 67–77.

Annur, Y. F., Yuriska, R., Arditasari, S. T., & Bengkulu, U. (2021). Pendidikan karakter dan etika dalam pendidikan. 330–335.

Mustari, M. (2015). Manajemen Pendidikan Di Era Merdeka Belajar.

Ningrum, Ifa Khoiria; Purnama, Y. I. (2019). BUKU SEKOLAH ALAM PDF.pdf. In Sekolah Alam (pp. 1–45).

Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, T. (2020). Inovasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sosial dan Budaya. Journal GEEJ, 7(2).

Putri, R. A., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2022). Problematika Guru Dalam Program Pembiasaan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar. P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 33–42. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i1.3054

Ranam, S., Muslim, I. F., & Priyono, P. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Di Pesantren Modern El-Alamia Dengan Memberikan Keteladanan Dan Pembiasaan. Research and Development Journal of Education, 7(1), 90. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8192

Rasyid, R., Fajri, M. N., Wihda, K., Ihwan, M. Z. M., & Agus, M. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 8(2), 1278–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7355

Rofiq, M. H. (2017). Kedisiplinan Siswa Melalui Hukuman Perspektif Stakeholder Pendidikan. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 71–83. https://doi.org/10.31538/nidhomulhaq.v2i2.29

Setiawati, N. A. (2020). Implikasi Metode Belajar Bersama Alam Di School Of Universe. 1(1), 36–42.

Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627

Sujarweni, W. (2020). Metodologi Penelitian.

Supranoto, H. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran Sma. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 36–49. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.141

Syifa, U. Z., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. (2022). Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 568–577. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2071

Wanabuliandari, S., & Ardianti, S. D. (2018). Pengaruh Modul E-Jas Edutainment terhadap Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 70–79. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p70-79

Yasfin, N., Putri, E., Agung, I. G., Anjali, S., & Anggraini, A. E. (2024). Konsep Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Menurut Perspektif Ki Hadjar Konsep Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Menurut Perspektif Ki Hadjar Dewantara. February. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3456

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-21

Cara Mengutip

handhayani, suci, Puspitaningrum, M. N., Fayuda, Z., Aji, D. R. ., Mustafiahe, I. ., & Muhtarom, T. . (2025). Implementasi Pendidikan Karakter Siswa melalui Sikap Tanggung Jawab di Jogja Green School. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 53-62. https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i1.854

Terbitan

Bagian

Article (Peer-reviewed)