Teacher Competency Management in Improving Reading Ability in Indonesian Language Subjects for Class IIIB Students at MI Al-Ishlahuddiny Kediri Academic Year 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i1.985Keywords:
Management, Teacher Competence, Reading Ability, Class III B StudentsAbstract
Manajemen kompetensi guru dapat dimaknai sebagai gambaran tentang apa yang harus dilakukan seorang guru dalam melaksanakan pekerjaannya, baik berupa kegiatan, perilaku maupun hasil yang dapat ditunjukkan dalam profesi mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas III B MI Al-Ishlahuddiny Kediri, apa kendala yang dihadapi guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III B MI Al-Ishlahuddiny Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologis dan pendekatan pedagogis. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh peneliti selanjutnya akan dianalisis melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penelitian ini menemukan bahwa kompetensi yang dimiliki guru kelas III B MI AlIshlahuddiny Kediri sudah bisa dikatakan baik artinya sudah dikatakan profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik, guru sudah menguasai ke empat kompetensi guru tersebut dimulai dari kemampuannya dalam menguasai kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional,2) Kendala guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III B MI Al-Ishlahuddiny Kediri ialah teterbatasnya waktu dalam memaksimalkan capaian belajar siswa saat proses pembelajaran membaca.
Downloads
References
dkk, Y. K. (2021). Pengembangan buku pintar Cepat Baca untuk meningkatkan kemampuan Membaca anak kelas 1 Sekolah Dasar. jurnal pendidikan Islam, 74.
Fauziah, H. (2018). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Menulis Siswa Kelas MI. Jurnal: Pendidikan Islam, 57.
Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Askara.
Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Askara.
Hatta, M. (2012). Empat Kompetensi untuk membangun profesionalisme guru . valencia nizamia: ruko.
Hatta, M. (2018). Empat Kompetensi untuk membangun profesionalisme . Nizamia Learning: Sidoarjo.
Hatta, M. (2018). Empat Kompetensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru . Nizamia Learning Center : Sidoarjo.
Husairi, H., & Suhaeli, S. (2023). The application of the inductive model of pictorial words to improve reading skills for class II Indonesian language subjects at SDI NW Lendang Bunga. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 23–28. https://doi.org/10.51700/alifbata.v3i1.434
iIllahi, N. (2010). Peranan Guru Profesional dalam peningkatan prestasi Siswa dan Mutu Pendidikan. Jurnal: Asy-Syuyiyyah , 20.
Indra, N. A. (2021). Kompetensi pedagogik guru dalam menggunakan pembelajaran dalam bidang studi sejarah kebudayaan Islam. Jurnal: Ikhtisar, 128.
Lubna. (2009). Peran kompetensi Mengajar Guru Dalam Motivasi Meningkatkan Belajar Siswa. Jurna: SOCIETY, 59.
Ma'arif, S. (2012). Guru Profesional Harapan dan Kenyataan . Semarang: Need Press.
Muhicht, S. (20111). Pengembangan Kurikulum PAI. Skripsi: STAIN Kudus.
mulyasa, E. (2011). Standar Kompetensi dan Serifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurliana, E. (2017). Peran Kompetensi Pedagogik guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal: Al-Hikmah pendidikan Islam, 271.
Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Pendidikan . Alfabeta: Bandung.
Sagala, S. (2009). Kemampuan profesional gurudan tenaga kependidikan . Alfabeta: Bandung.
Sahana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditma .
Sari, W. H. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Inklusi di Indonesia Suatu Pendekatan Systematic. Ratna: Jurnal Kependidikan, 143-157.
Syamubi. (2019). Guru yang bermoral dalam konteks sosial budaya ekonomi, agama, hukum,dan budaya. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6.
Wawancara. (2024, november rabu). Wawancara peserta didik . (Fitriani, Interviewer)
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Diskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Jurnal Quanta, 83.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 muti'ah muti'ah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



