IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 014 SUNGAI BARU KECAMATAN GAUNG

Penulis

  • Sri Erdawati Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Andryco STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, Riau

DOI:

https://doi.org/10.51700/alifbata.v2i2.353

Kata Kunci:

implementasi;, kurikulum 2013, pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah implementasi proses pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 pada kelas IV, V, dan VI di Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Baru Kecamatan Gaung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 3 orang guru kelas di Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Baru Kecamatan Gaung. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus persentase . Hasil analisa data melalui observasi dan wawancara dapat disimpulkan sebagai berikut: Implementasi proses pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Baru Kecamatan Gaung, mencapai kategori “Baik”. Berdasarkan data hasil wawancara baiknya implementasi proses pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Baru Kecamatan Gaung, karena: Guru telah melakukan kegiatan awal dalam pembelajaran secara baik. Kegiatan inti, pembelajaran telah dilaksankan dengan metode dan pendekatan yang menarik dan variatif, sehingga keaktifan siswa dalam proses pembelajaran cukup berkembang.  Pada kegiatan penutup  guru telah pula memberikan evaluasi yang relevan, dan mengajak siswa membuat kesimpulan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

E. Mulyasa. (2014). Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fadlillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ika Maryani, dan Laila Fatmawati. (2015). Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar; Teori dan Praktik, Yogyakarta: Deepublish.

Imam Gunawan. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik, Jakarta: Bumi Aksara

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-19

Cara Mengutip

Erdawati, S., & Andryco, A. (2022). IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 014 SUNGAI BARU KECAMATAN GAUNG. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-9. https://doi.org/10.51700/alifbata.v2i2.353

Terbitan

Bagian

Research Articles (Peer Review)