IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 014 SUNGAI BARU KECAMATAN GAUNG
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v2i2.353Kata Kunci:
implementasi;, kurikulum 2013, pembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah implementasi proses pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 pada kelas IV, V, dan VI di Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Baru Kecamatan Gaung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 3 orang guru kelas di Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Baru Kecamatan Gaung. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus persentase . Hasil analisa data melalui observasi dan wawancara dapat disimpulkan sebagai berikut: Implementasi proses pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Baru Kecamatan Gaung, mencapai kategori “Baik”. Berdasarkan data hasil wawancara baiknya implementasi proses pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Baru Kecamatan Gaung, karena: Guru telah melakukan kegiatan awal dalam pembelajaran secara baik. Kegiatan inti, pembelajaran telah dilaksankan dengan metode dan pendekatan yang menarik dan variatif, sehingga keaktifan siswa dalam proses pembelajaran cukup berkembang. Pada kegiatan penutup guru telah pula memberikan evaluasi yang relevan, dan mengajak siswa membuat kesimpulan.
Unduhan
Referensi
E. Mulyasa. (2014). Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fadlillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ika Maryani, dan Laila Fatmawati. (2015). Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar; Teori dan Praktik, Yogyakarta: Deepublish.
Imam Gunawan. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik, Jakarta: Bumi Aksara
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 sri erdawati, Andryco Andryco

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



