Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Gambar Dua Dimensi
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v3i1.414Kata Kunci:
strategi guru; keterampilan berbicara; media gambar; dua dimensi;Abstrak
Keterampilan berbicara adalah kemampuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan pikiran berupa ide, pendapat, keinginan atau perasaan kepada mitra bicara. Media gambar dua dimensi pada dasarnya merupakan media visul yang memiliki ukuran panjang dan lebar. Media dua dimensi merupakan media yang sering dipergunakanan dalam kegiatan proses belajar mengajar karenabentuknya sederhana, harganya ekonomis, bahan mudah diperoleh. Penelitian ini memfokuskan penelitian yaitu 1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kepribadian, karakteristik dan temperamental, dan intelegensi peserta didik melalui gambar dua dimensi pada peserta didik SDI Al Barokah Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan kepribadian siswa-siswi SDI Al Barokah Jember sangat meningkat dan hasil sangat memuaskan. Strategi guru dalam meningkatkan karakteristik dan temperamental siswa melalui gambar dua dimensi pada peserta didik SDI Al Barokah Jember juga sangat bagus. Strategi guru dalam meningkatkan intelegensi siswa melalui gambar dua dimensi pada peserta didik SDI Al Barokah Jember sangat meningkat.
Unduhan
Referensi
Departemen Agama RI, Aisyah Al-Qur’an dan Terjemahan Untuk Wanita (Bandung:Jabal, 2010)
Haidir & Salim, Strategi Pembelajaran, (Medan:Perdana Mulya Sarana, 2014), 6.
Hasil wawancara dengan Guru kelas B pada hari Senin 25-01-2021 pukul 08.00 wib
http://www.penggunaan media gambar.com,dikutip oleh Siti Nurbaiti Pendidikan Guru Raudlatul Athfal IAIN Raden Intan Lampung diakses pada tanggal 16 Maret 2014 9:44 pm
Haryadi dan Zamzadi, Peningkatan Ketrampilan Berbahasa Indonesia, (Jakarta:DEPDIKBUD, 1997), 54
John Dewey, Uzer learning by doing, 2001:78
Kemendiknas RI , 2010, Grand Disign Pendidikan Karakter, Jakarta.
Leni Dahlia, Kemampuan Berbicara Menggunakan Bahasa Indonesia Anak Usia 5-6Tahun, FKIP UNTAN (Jurnal Online), portalgaruda.org, 2013 diakses Senin 5 Februari 2018 pukul 10.32 WIB
Rizal, S. (2022). Strategi Student Facilitator and Explaining (SFE) untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 14(2), 239-250. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v14i2.687
Rizal, S. (2020). Manfaat Alam Dan Tumbuhan “Sumber Belajar Anak” Dalam Perspektif Islam. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 96-107. https://doi.org/10.53515/CJI.2020.1.2.96-107
Rizal, S., Hendrawati, S., Afifah, S. N., & Qiptiyah, T. M. (2020). Pendampingan Komunitas Sekolah Melalui Upaya Pemanfaatan Lahan Tidur sebagai Media dan Sumber Belajar Berbasis Lingkungan. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 386 - 401. https://doi.org/10.52166/engagement.v4i2.459
Rizal, S. (2021). Pola Asuh Ibu dalam Pendidikan Religius Anak. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 13(2), 395-412. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v13i2.360
Rizal, S. (2022). Meningkatkan Kecakapan Hidup Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tilawati. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 239-257. Retrieved from https://tdjpai.iaiq.ac.id/index.php/pai/article/view/39
Rizal, S., & Qiptiyah, T. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Nilai-nilai Spiritual Siswa di SDI Nurulhuda Jember. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 13(1), 163-184. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v1i1.359
Rizal, S. (2021). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Toleransi Beragama Siswa pada Jenjang Pendidikan Dasar. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 19(1), 258-275. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/qodiri/article/view/4210
Rizal, S. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih Melalui Kitab Nadom Fiqih Junior (Karya Achmad Kamaludin) Pada Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an Mamba’ul Falah Bondowoso. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 41-58. https://doi.org/10.53515/CJI.2020.1.1.41-58
Rizal, S., & Muawanah, M. (2021). Manajemen Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kecerdasan Siswa Di Pos PAUD Anyelir 31 Jember. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 82-92. https://doi.org/10.53515/CJI.2021.2.1.82-92
Rolina Nelva. Media dan Sumber Belajar. Dalam buku 2: Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak.(Yogyakarta:Kementerian Pendidikan Nasional 2010),39
Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar (Banjarmasin:2000), h. 138
Yuliani Nurani Sujiono, Konsep Pendidikan Anak Usia DiniDini (Jakarta: Indeks, 2012), 185
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 syaiful rizal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



