Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Satuan Berat Siswa Kelas II SDN Kalicari 01 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v3i2.506Kata Kunci:
hasil belajar;, problem based learning;, satuan beratAbstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar materi satuan berat menggunakan model pembelajaran problem based learning siswa kelas II SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kalicari 01 Semarang dengan melibatkan 26 siswa kelas II. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes setiap siklus. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat disetiap siklus. Pada siklus I siswa yang mencapai KKM hanya 69,23 % (18 siswa). Pada siklus II siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 23 siswa dengan persentase 88,46%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada materi satuan berat benda pada siswa kelas 2 siswa SDN Kalicari 01 Semarang dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Auliya Fatkhiyah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



