PENERAPAN MODEL TPACK DALAM MENGUBAH MINDSET TERHADAP ZERO DIGITAL DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i1.917Kata Kunci:
Teknologi Pendidikan, Teknologi, pedagogi, pengetahuan konten (TPACK), nol digital, kerangka berpikirAbstrak
Artikel ini membahas penerapan model TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dalam pembelajaran di sekolah. Pada saat ini, masih banyak orang tua dan beberapa sekolah yang masih menerapkan zero digital, dikarenakan menganggap bahwa teknologi dapat membawa dampak negatif bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukan bahwasanya penggunaan teknologi sangat dibutuhkan dan bermanfaat dalam proses pembelajaran peserta didik di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka atau kajian literatur. Penelitian ini memanfaatkan beragam sumber tertulis, meliputi buku, jurnal ilmiah, laporan institusi, dan literatur relevan lainnya sebagai sumber primer data dalam proses pengumpulan informasi. Hasil analisis tematik menunjukkan bahwa penggunaan teknologi tidak hanya memperkaya proses pembelajaran, tetapi juga meningkatkan pemahaman siswa tentang bagaimana pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari dan diterapkan ke hal-hal yang lebih positif. Meskipun terdapat tantangan dalam penerapan model ini, seperti keterbatasan akses teknologi dan pelatihan, guru berhasil menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan efektif.
Unduhan
Referensi
Candra, P., Soepriyanto, Y., & Praherdhiono, H. (2020). Pedagogical Knowledge (PK)
Guru Dalam Pengembangan dan Implementasi Rencana Pembelajaran. JKTP: Jurnal
Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 166–177. . https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p166
Dita Apriliani. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
BERBASIS TPACK PADA MATA PELAJARAN BASIS DATA UNTUK
MENINGKATKAN. Repository.Upi.Edu. https://core.ac.uk/download/pdf/187513079.pdf
Dr. Fatma Sukmawati, M. Pd., Dr. Eka Budhi Santosa, M. P., & Dr. Suharno, M. P. (2022).
Technological Pedagogical Content Knowledge dalam Pembelajaran Abad 21 (M. Ady
Susanto, Ed.). PENERBIT PRADINA PUSTAKA.
Fajriatul Janah, E. (2022). Konsep dan Implementasi TPACK pada Pembelajaran di Sekolah
Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10.
https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/65655
Hardian Tomi. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PAI Melalui Integrasi Teknologi
Digital dan Metode Aktif Partisipatif pada Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Profesi
Guru Agama Islam, 9(3). https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632
Herna Susanti, M. (2023). EVALUASI KESIAPAN GURU DALAM MENERAPKAN
INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK (TECHNOLOGICALPEDAGOGICAL
CONTENT KNOWLEDGE) PADA PEMBELAJARAN ABAD 21 DI KOTA SEMARANG.
(1), 515–524.
Indah Kuliawati, P., Aurel, A. C., Alfira, A., Ike, C., Guru Sekolah Dasar, P., & Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, F. (n.d.). UPAYA PENGGUNAAN PENDEKATAN TPACK PADA
SISWA SDN DURI KEPA 05.
Khairo, N. T., & Hairani, E. (2024). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
Siswa. Indonesian Journal of Teaching and Teacher Education, 43–48.
https://doi.org/10.58835/ijtte.v4i1.360
Mardhiati, A. (2023). Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK) untuk
Penguasaan Konsep dan Kemandirian Belajar Bahasa Indonesia Siswa. DIDAKTIS: Jurnal
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 65–70.
https://doi.org/10.33096/didaktis.v1i2.328
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M.
(2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian
Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100.
https://doi.org/10.46781/almutharahah.v18i2.303
Moh. Agus Muzakki, Misroh Sulaswari, Naila Salsabila Maulana Wahyudi, Cahya Riyanto
Nugroho, & Alfi Hidayah. (2024). MENGUBAH MINDSET GURU MENJADI GURU
PENGGERAK MERDEKA BELAJAR. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial
Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v3i1.1490
Nisa, J. K., Loyz, M., Florentia, A., Febriana, R. P., Rusnamba Prandika, R., Azizah, U. A.,
& Maret, U. S. (2024). Implementasi TPACK (Technological Pedagogical Content
Knowledge) untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Sekolah Dasar : Tinjauan Literatur
Sistematis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 101–113. https://doi.org/10.62017/merdeka
Prof. Dr. Endang Widi Winarni, M. P. (2018). teori dan praktik penelitian
kuantitatif,kualitatif, PTK, R D (R. A. Kusumaningtyas, Ed.). Bumi Aksara.
Puspitasari, D., Hanik, E. U., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Innayah, R. N.
(2022). INTEGRASI PENDEKATAN TPACK DALAM MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN ERA DIGITAL DI SIKL (SEKOLAH INDONESIA KUALA
LUMPUR) INTEGRATION OF THE TPACK APPROACH IN IMPLEMENTING THE
DIGITAL ERA LEARNING IN SIKL ((SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR).
Journal of Art and Science in Primary Education, 2(1).
https://embada.com/index.php/jeid/article/view/97
Rahmana Sari, L. (2021). Indonesian Journal of Teaching and Teacher Education Peran
Teknologi Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. INDONESIAN JOURNAL
OF TEACHING AND TEACHER EDUCATION, 1(1). https://doi.org/10.35308/xxxxx
Saputra, P., Wardana Ritonga, A., & Bahruddin, U. (2023). Pendekatan Technological
Pedagogical Content Knowladge (TPACK) dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MAN 2
Payakumbuh.
Saputri, M., & Fatmaliana, A. (n.d.). ANALISIS PENGETAHUAN TPACK GURU IPA SMP
DAN FISIKA SMA SE-ACEH BARAT DAYA.
https://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/15950
Siti Nur Rohmah, & Eka Hendi Andriansyah. (2024). ANALISIS DAMPAK INTEGRASI
TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DIFERENSIASI. Jurnal Pendidikan Ekonomi
UM Metro, 12. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/10334
Sumaryati, S., Retnasari, L., & Winarti, T. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI)
dalam Penguatan Tujuan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Peserta Didik di
Sekolah Memengah Atas. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 1–12.
https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n2.2020.pp1-12
Tamba, N. (n.d.). TPACK SEBAGAI SOLUSI GURU SEKOLAH DASAR UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA DI ERA PANDEMI COVID’19.
http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan
dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230.
https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Yulisman, H., Widodo, A., Riandi, R., & Nurina, C. I. E. (2020). THE CONTRIBUTION
OF CONTENT, PEDAGOGY, AND TECHNOLOGY ON THE FORMATION OF
SCIENCE TEACHERS’ TPACK ABILITY. EDUSAINS, 11(2), 173–185.
https://doi.org/10.15408/es.v11i2.10700
Zainuddin, M., Untari, E., Nahdiyah, U., Waluyo, B., & Nahdlatul Ulama Blitar, U. (2021).
BIMBINGAN PEMBELAJARAN TPACK BERBASIS HOTS BAGI GURU SD SE
BLITAR RAYA. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara, 3(2).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Najwah Latuconsina, Rahma Nurul Azizah, Rizki Karimatul Fadilah, Zenny Zanuba Hafsoh, Unik Hanifah Salsabila

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



