PENERAPAN MODEL TPACK DALAM MENGUBAH MINDSET TERHADAP ZERO DIGITAL DI SEKOLAH

Penulis

  • Najwah Latuconsina Universitas Ahmad Dahlan
  • Rahma Nurul Azizah Universitas Ahmad Dahlan
  • Rizki Karimatul Fadilah Universitas Ahmad Dahlan
  • Zenny Zanuba Hafsoh Universitas Ahmad Dahlan
  • Unik Hanifah Salsabila Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i1.917

Kata Kunci:

Teknologi Pendidikan, Teknologi, pedagogi, pengetahuan konten (TPACK), nol digital, kerangka berpikir

Abstrak

Artikel ini membahas penerapan model TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dalam pembelajaran di sekolah. Pada saat ini, masih banyak orang tua dan beberapa sekolah yang masih menerapkan zero digital, dikarenakan menganggap bahwa teknologi dapat membawa dampak negatif bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukan bahwasanya penggunaan teknologi sangat dibutuhkan dan bermanfaat dalam proses pembelajaran peserta didik di sekolah.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka atau kajian literatur. Penelitian ini memanfaatkan beragam sumber tertulis, meliputi buku, jurnal ilmiah, laporan institusi, dan literatur relevan lainnya sebagai sumber primer data dalam proses pengumpulan informasi. Hasil analisis tematik menunjukkan bahwa penggunaan teknologi tidak hanya memperkaya proses pembelajaran, tetapi juga meningkatkan pemahaman siswa tentang bagaimana pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari dan diterapkan ke hal-hal yang lebih positif. Meskipun terdapat tantangan dalam penerapan model ini, seperti keterbatasan akses teknologi dan pelatihan, guru berhasil menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan efektif. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Candra, P., Soepriyanto, Y., & Praherdhiono, H. (2020). Pedagogical Knowledge (PK)

Guru Dalam Pengembangan dan Implementasi Rencana Pembelajaran. JKTP: Jurnal

Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 166–177. . https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p166

Dita Apriliani. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN

BERBASIS TPACK PADA MATA PELAJARAN BASIS DATA UNTUK

MENINGKATKAN. Repository.Upi.Edu. https://core.ac.uk/download/pdf/187513079.pdf

Dr. Fatma Sukmawati, M. Pd., Dr. Eka Budhi Santosa, M. P., & Dr. Suharno, M. P. (2022).

Technological Pedagogical Content Knowledge dalam Pembelajaran Abad 21 (M. Ady

Susanto, Ed.). PENERBIT PRADINA PUSTAKA.

https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=6iuKEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT5&dq=Dr.+atma+Sukmawati,+M.+Pd.,+Dr.+Eka+Budhi+Santosa,+M.+P.,+%26+Dr.+Suharno,+M.+P.+(2022).+Technological+Pedagogical+Content+Knowledge+dalam+Pembelajaran+Abad+21+(M.+Ady+Susanto,+Ed.).+PENERBIT+PRADINA+PUSTAKA.&ots=D9kAsW6ir1&sig=L0vN5g7AJaEeA4TK0qv7rVho7eU&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Fajriatul Janah, E. (2022). Konsep dan Implementasi TPACK pada Pembelajaran di Sekolah

Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10.

https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/65655

Hardian Tomi. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PAI Melalui Integrasi Teknologi

Digital dan Metode Aktif Partisipatif pada Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Profesi

Guru Agama Islam, 9(3). https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632

Herna Susanti, M. (2023). EVALUASI KESIAPAN GURU DALAM MENERAPKAN

INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK (TECHNOLOGICALPEDAGOGICAL

CONTENT KNOWLEDGE) PADA PEMBELAJARAN ABAD 21 DI KOTA SEMARANG.

(1), 515–524.

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Herna+Susanti%2C+M.+%28202%29.+EVALUASI+KESIAPAN+GURU+DALAM+MENERAPKAN+INOVASI+PEMBELAJARAN+BERBASIS+TPACK+%28TECHNOLOGICALPEDAGOGICAL+CONTENT+KNOWLEDGE%29+PADA+PEMBELAJARAN+ABAD+21+DI+KOTA+SEMARANG.+1%281%29%2C+515%E2%80%93+524.&btnG=

Indah Kuliawati, P., Aurel, A. C., Alfira, A., Ike, C., Guru Sekolah Dasar, P., & Keguruan

dan Ilmu Pendidikan, F. (n.d.). UPAYA PENGGUNAAN PENDEKATAN TPACK PADA

SISWA SDN DURI KEPA 05.

https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/170https://prosiding.esaunggul.ac.idndex.php/snip/article/view/170

Khairo, N. T., & Hairani, E. (2024). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

Siswa. Indonesian Journal of Teaching and Teacher Education, 43–48.

https://doi.org/10.58835/ijtte.v4i1.360

Mardhiati, A. (2023). Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK) untuk

Penguasaan Konsep dan Kemandirian Belajar Bahasa Indonesia Siswa. DIDAKTIS: Jurnal

Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 65–70.

https://doi.org/10.33096/didaktis.v1i2.328

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M.

(2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian

Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100.

https://doi.org/10.46781/almutharahah.v18i2.303

Moh. Agus Muzakki, Misroh Sulaswari, Naila Salsabila Maulana Wahyudi, Cahya Riyanto

Nugroho, & Alfi Hidayah. (2024). MENGUBAH MINDSET GURU MENJADI GURU

PENGGERAK MERDEKA BELAJAR. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial

Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v3i1.1490

Nisa, J. K., Loyz, M., Florentia, A., Febriana, R. P., Rusnamba Prandika, R., Azizah, U. A.,

& Maret, U. S. (2024). Implementasi TPACK (Technological Pedagogical Content

Knowledge) untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Sekolah Dasar : Tinjauan Literatur

Sistematis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 101–113. https://doi.org/10.62017/merdeka

Prof. Dr. Endang Widi Winarni, M. P. (2018). teori dan praktik penelitian

kuantitatif,kualitatif, PTK, R D (R. A. Kusumaningtyas, Ed.). Bumi Aksara.

https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Fx0mEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA152&dq=Prof.+Dr.+Endang+Widi+Winarni,+M.+P.+(2018).+teori+dan+praktik+penelitian+kuantitatif,kualitatif,+PTK,+R+D+(R.+A.+Kusumaningtyas,+Ed.).+Bumi+Aksara.&ots=XSi0axY30M&sig=enLkxNEqzjN0loM-uMDJljIZg5s&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Puspitasari, D., Hanik, E. U., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Innayah, R. N.

(2022). INTEGRASI PENDEKATAN TPACK DALAM MELAKSANAKAN

PEMBELAJARAN ERA DIGITAL DI SIKL (SEKOLAH INDONESIA KUALA

LUMPUR) INTEGRATION OF THE TPACK APPROACH IN IMPLEMENTING THE

DIGITAL ERA LEARNING IN SIKL ((SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR).

Journal of Art and Science in Primary Education, 2(1).

https://embada.com/index.php/jeid/article/view/97

Rahmana Sari, L. (2021). Indonesian Journal of Teaching and Teacher Education Peran

Teknologi Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. INDONESIAN JOURNAL

OF TEACHING AND TEACHER EDUCATION, 1(1). https://doi.org/10.35308/xxxxx

Saputra, P., Wardana Ritonga, A., & Bahruddin, U. (2023). Pendekatan Technological

Pedagogical Content Knowladge (TPACK) dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MAN 2

Payakumbuh.

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Saputra%2C+P.%2C+Wardana+Ritonga%2C+A.%2C+%26+Bahruddin%2C+U.+%282023%29.+Pendekatan+Technological+Pedagogical+Content+Knowladge+%28TPACK%29+dalam+Pembelajaran+Bahasa+Arab+di+MAN+2+Payakumbuh.&btnG=

Saputri, M., & Fatmaliana, A. (n.d.). ANALISIS PENGETAHUAN TPACK GURU IPA SMP

DAN FISIKA SMA SE-ACEH BARAT DAYA.

https://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/15950

Siti Nur Rohmah, & Eka Hendi Andriansyah. (2024). ANALISIS DAMPAK INTEGRASI

TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DIFERENSIASI. Jurnal Pendidikan Ekonomi

UM Metro, 12. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/10334

Sumaryati, S., Retnasari, L., & Winarti, T. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI)

dalam Penguatan Tujuan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Peserta Didik di

Sekolah Memengah Atas. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 1–12.

https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n2.2020.pp1-12

Tamba, N. (n.d.). TPACK SEBAGAI SOLUSI GURU SEKOLAH DASAR UNTUK

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA DI ERA PANDEMI COVID’19.

http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan

dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230.

https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Yulisman, H., Widodo, A., Riandi, R., & Nurina, C. I. E. (2020). THE CONTRIBUTION

OF CONTENT, PEDAGOGY, AND TECHNOLOGY ON THE FORMATION OF

SCIENCE TEACHERS’ TPACK ABILITY. EDUSAINS, 11(2), 173–185.

https://doi.org/10.15408/es.v11i2.10700

Zainuddin, M., Untari, E., Nahdiyah, U., Waluyo, B., & Nahdlatul Ulama Blitar, U. (2021).

BIMBINGAN PEMBELAJARAN TPACK BERBASIS HOTS BAGI GURU SD SE

BLITAR RAYA. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara, 3(2).

http://journal.unublitar.ac.id/jppnu

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-21

Cara Mengutip

Latuconsina, N., Azizah, R. N., Fadilah, R. K., Hafsoh, Z. Z., & Salsabila, U. H. (2025). PENERAPAN MODEL TPACK DALAM MENGUBAH MINDSET TERHADAP ZERO DIGITAL DI SEKOLAH. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 63-75. https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i1.917

Terbitan

Bagian

Article (Peer-reviewed)

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama