Etnomatematika pada Rombong Gula Gending dalam Aktivitas Pembelajaran Matematika

Penulis

  • Muhammad Munir STAI Darul Kamal NW kembang Kerang NTB
  • Hijriati Sholehah STTL Mataram

DOI:

https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v3i1.435

Kata Kunci:

etnomatematik, Rombong Gula gending, Pembelajaran matematika

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini dilakukan menggunakan unsur – unsur matematika atau dikenal dengan pendekatan etnomatematika. Etnomatematika merupakan salah satu pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran matematika yang berbasis budaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data-data yang dipakai adalah data yang didapatkan dari literature,observasi, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah terdapat unsur-unsur matematika (Etnomatematika) pada rombong gula gending yaitu bangun ruang (tabung dan trapezium) dan bidang datar (lingkarang dan persegi panjang. Melalui kegiatan mengamati rombong gula gending dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatemtika menjelaskan bahwa unsur budaya dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran matematika.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Diani Ayu Pratiwi, M.P. et al. (2021) Perencanaan pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. Available at: https://books.google.co.id/books?id=-%5C_A3EAAAQBAJ.

Hamzah, A. and Susanti, L. (2020) Metode Penelitian Kuantitatif : Kajian Teoritik & Praktik. Malang: Literasi Nusantara.

Mulyana, D. (2002) Metode Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Budaya. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Munir, M. and Hijriati, H.S. (2021) ‘PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA MATERI GEOMETRI’, JOURNAL OF ALIFBATA: Journal of Basic Education (JBE), 1(2), pp. 47–53. Available at: https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i2.237.

Putra, R.Y. et al. (2021) ‘Etnomatematika pada bangunan Umbul Binangun Taman Sari dalam aktivitas pembelajaran matematika’, Ethnomathematics Journal, 2(1), pp. 21–30. Available at: https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36081.

Saebani, B.A. and Sutisna, Y. (2018) Metode Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.

Setiana, D.S. et al. (2021) ‘Eksplorasi etnomatematika Museum Kereta Kraton Yogyakarta dan pengintegrasiannya ke dalam pembelajaran matematika’, Ethnomathematics Journal, 2(1), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36210.

Yunita, S. (2020) Media Pembelajaran Matematika Berbasis TIK. Malang: Ahlimedia Pres.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-27

Cara Mengutip

Munir, Muhammad, dan Hijriati Sholehah. “Etnomatematika Pada Rombong Gula Gending Dalam Aktivitas Pembelajaran Matematika”. Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 1 (Februari 27, 2023): 26 - 31. Diakses Desember 22, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/almutaliyah/article/view/435.

Terbitan

Bagian

Articles (Peer Reviewed)