Etnomatematika pada Rombong Gula Gending dalam Aktivitas Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v3i1.435Kata Kunci:
etnomatematik, Rombong Gula gending, Pembelajaran matematikaAbstrak
Abstrak
Penelitian ini dilakukan menggunakan unsur – unsur matematika atau dikenal dengan pendekatan etnomatematika. Etnomatematika merupakan salah satu pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran matematika yang berbasis budaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data-data yang dipakai adalah data yang didapatkan dari literature,observasi, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah terdapat unsur-unsur matematika (Etnomatematika) pada rombong gula gending yaitu bangun ruang (tabung dan trapezium) dan bidang datar (lingkarang dan persegi panjang. Melalui kegiatan mengamati rombong gula gending dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatemtika menjelaskan bahwa unsur budaya dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran matematika.
Unduhan
Referensi
Diani Ayu Pratiwi, M.P. et al. (2021) Perencanaan pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. Available at: https://books.google.co.id/books?id=-%5C_A3EAAAQBAJ.
Hamzah, A. and Susanti, L. (2020) Metode Penelitian Kuantitatif : Kajian Teoritik & Praktik. Malang: Literasi Nusantara.
Mulyana, D. (2002) Metode Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Budaya. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Munir, M. and Hijriati, H.S. (2021) ‘PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA MATERI GEOMETRI’, JOURNAL OF ALIFBATA: Journal of Basic Education (JBE), 1(2), pp. 47–53. Available at: https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i2.237.
Putra, R.Y. et al. (2021) ‘Etnomatematika pada bangunan Umbul Binangun Taman Sari dalam aktivitas pembelajaran matematika’, Ethnomathematics Journal, 2(1), pp. 21–30. Available at: https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36081.
Saebani, B.A. and Sutisna, Y. (2018) Metode Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.
Setiana, D.S. et al. (2021) ‘Eksplorasi etnomatematika Museum Kereta Kraton Yogyakarta dan pengintegrasiannya ke dalam pembelajaran matematika’, Ethnomathematics Journal, 2(1), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36210.
Yunita, S. (2020) Media Pembelajaran Matematika Berbasis TIK. Malang: Ahlimedia Pres.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Muhammad Munir, Hijriati Sholehah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Terms
Karya dalam Jurnal AL-Muta`aliyah dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) dengan ketentuan sebagai berikut:
1) Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini.
2) Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
3) Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.