Analisis Kemampuan Computational Thinking Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aritmetika Sosial

Penulis

  • Tami Maulida Husnani Universitas Islam Negeri Mataram
  • Sofyan Mahfudy Universitas Islam Negeri Mataram
  • Afifurrahman Afifurrahman Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i1.929

Kata Kunci:

computational thinking skills, social arithmetic, kemampuan awal matemtika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan computational thinking (CT) siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi aritmetika sosial serta mengidentifikasi pengaruh Kemampuan Awal Matematis (KAM) terhadap pencapaian aspek-aspek CT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 31 siswa kelas VIII A yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan tiga tahapan utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan KAM tinggi mampu memenuhi semua indikator CT, terutama pada soal dengan tingkat kesulitan rendah. Siswa dengan KAM sedang menunjukkan pencapaian yang baik, tetapi masih memerlukan penguatan pada tahap abstraksi untuk menyelesaikan masalah secara sistematis. Sementara itu, siswa dengan KAM rendah menghadapi kesulitan dalam hampir semua aspek CT. Penelitian ini berkontribusi terhadap pendekatan pembelajaran matematika untuk merumuskan masalah, termasuk identifikasi kemampuan awal matematika dan mencari solusi dengan cara yang sistematis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Tami Maulida Husnani, Universitas Islam Negeri Mataram

Student of Mathematics Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, State Islamic University of Mataram, West Nusa Tenggara, Indonesia

Sofyan Mahfudy, Universitas Islam Negeri Mataram

Dosen dan Peneliti pada Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Bidang penelitiannya meliputi pendidikan matematika, tugas matematika, pembuktian dan argumentasi, serta berpikir matematika.

Afifurrahman Afifurrahman, Universitas Islam Negeri Mataram

Dosen dan Peneliti pada Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Minat penelitiannya adalah matematika terapan dan teori sistem dinamik.

Referensi

Alfina, A. (2017). Berpikir Komputasional Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan dengan Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gender. Simki-Techsain, 1(4), 2–6.

As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Matematika. In Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud (Vol. 1, Issue April).

Azmi, R. D., & Ummah, S. K. (2021). Implementasi Project Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 5(1), 52–61. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v5i1.2761

Dewi, N., Rahmatina, A., Nur, N., & Putri, K. (2024). Studi Literatur : Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Aritmatika Sosial SMP. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 482–488.

Dwiyono, Y., & Tasik, H. K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Samarinda Ulu. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, 1, 175–190.

Elinda, Laelasari, & Raharjo, J. F. (2023). Analisis Computational Thinking dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Program Linear. Prisma, 12(1), 115–120. https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2635

Fikriyah, E. R. (2022). Analisis Kemampuan Computational Thinking Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Pola Bilangan Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Panti Jember. 1–169.

Hidayat, Y., Nukhbatillah, I. A., Setiawati, S., Milah, A. R., Dhiaulhaq, F., & Hilma, D. (2023). Urgensi Aplikasi Kerangka Berpikir Computational Thinking pada Pemebelajaran Faraid Di Era Digital. JOTTER: Journal of Teacher Training and Educational Research, 1(2), 37–46. https://ojs.literasiedu.org/index.php/jotter

Jamna, N. D., Hamid, H., & Bakar, M. T. (2022). Analisis Kemampuan berpikir Komputasi Matematis Siswa SMP pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3). https://doi.org/10.33387/jpgm.v2i3.5149

Juldial, T. U. H., & Haryadi, R. (2024). Analisis Keterampilan Berpikir Komputasional dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 136–144. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6992

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis

Lestari, Chinintya, A., & Annizar, A. M. (2020). Proses berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah PISA ditinjau dari kemampuan berpikir komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55.

Marfuah, A. S. (2022). Analisis Kemampuan Computational Thinking Peserta Didik dalam Penyelesaian Soal Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Pola Sidik Jari. 8.5.2017, 2003–2005.

Mukhibin, A., Herman, T., A, E. C. M., & Utomo, D. A. S. (2024). Kemampuan computational thinking siswa pada materi garis dan sudut ditinjau dari self-efficacy. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 143–152. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21239

Purnani, I., Mulhamah, M., & Afifurrahman, A. (2024). Scaffolding kemampuan berfikir komputasional siswa dalam pemecahan pada materi geometri. Journal of Math Tadris, 4(2), 153–181. https://doi.org/10.55099/jmt.v4i2.172

Shofiy, M. F., Aditya, M. D., Risnanda, M. I., & Surya, S. A. (2024). Mengkaji Hubungan Computational Thinking dengan Praktik Menghafal Al - Quran. Journal Islamic Education, 3, 130–141.

Solehudin, Darhim, & Herman, T. (2024). Analisis Kemampuan Dekomposisi Computational Thinking Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Perstektif, 8(2), 218–234.

Suripah, S., & Sthephani, A. (2017). Kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa dalam menyelesaikan akar pangkat persamaan kompleks berdasarkan tingkat kemampuan akademik. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 149–160. https://doi.org/10.21831/pg.v12i2.16509

Trisnowati, E., Juliyanto, E., Dewantari, N., & Siswanto. (2021). Pengenalan Computational Thinking dan Aplikasinya dalam Pembelajaran IPA SMP. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 177–182.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-14

Cara Mengutip

Husnani, T. M. ., Mahfudy, S., & Afifurrahman, A. (2025). Analisis Kemampuan Computational Thinking Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aritmetika Sosial. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1-17. https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i1.929

Terbitan

Bagian

Article (Peer-reviewed)