Main Article Content

Husairi Husairi

Abstract

Pemilihan media pembelajaran bertujuan untuk membantu peserta didik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Media gambar dapat dijadikan sebagai perantara untuk mendorong motivasi belajar peserta didik. Penelitian  ini dilakukan dengan tujuan  untuk  mengetahui perbandingan atau studi komparasi antara motivasi belajar peserta didik yang menggunakan media gambar dengan yang tidak di kelas V .Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI NW Lingkuk Buak Lombok Tengah. Jenis penelitian yang digunakan dalam hal ini adalah desain kuantitatif yang sifatnya komparasi, teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t dengan teknik analisis Independent-Sample T Test. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa didapatkan t hitung sembesar 12,59  dan t tabel sebesar 1,689 yang diuji pada taraf signitifikan 5 %. Ini berarti Ho dotilak Ha diterima, sehingga kesimpulannya ada perbedaan signifikan motivasi belajar peserta didik yang menggunakan media gambar dengan yang tidak  pada kelas V Lingkuk Buak Lombok Tengah

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Husairi, H. (2022). PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN YANG TIDAK PADA KELAS V DI MI NW LINGKUK BUAK LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 17–32. https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i2.252 (Original work published August 30, 2021)
Section
Research Articles (Peer Review)

References

Ahmad Roahani, Media Instruksional Edukatif . Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997.

Acep Hermawan, Metodologi Pembelajran Bahasa Arab(Bandung:PT Remaja Rosdakarya,2011.

Karti Soeharto dkk, Teknologi Pemeblajaran . Surabaya.

Harjanto, Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Rahardjo dkk, media pendidikan. Jakarta: Rajawali pers, 2010.

Azhar Arsyad, Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2011.

Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada,2011.

Nanang Hanafiah, Konsep Srategi Pemmbejaran. Bandung: PT Refika Aditama, 2009.

Perencanaan Pembelajaran, Pengembangan Media Pembelajaran Paket 9 S1 PGMI IAINMATARAM.

Skripsi Sri Lestari, Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri No.153/I Ladang Peris Pada Pelajaran Ipa Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya Menggunakan Media Gambar. FKIP UNIVERSITAS JAMBI.

Wina Sanjaya, kurikulum dan pembelajran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group,2010.

Burhan Bungin. Metode penelitian kuantitatif. Surabaya: kencana, 2005.

Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif Dan Kualitatif . Jakarta:Rajagrafindo Persada.

Martono Nanang, Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajagrafindo persada.

Amirul Hadi, Metodologi Penlitian Pendidikan . Bandung:pustaka setia,2005.

Subana, Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia,2005.

Sri anita. Media pembelajaran. Surakarta: Yuma pustaka, 2012.

Hamzah B uno. Teori motivasi dan pengukurannya, analisis di bidang pendidikan. Jakarta: bumi aksara, 2012.