PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN YANG TIDAK PADA KELAS V DI MI NW LINGKUK BUAK LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Main Article Content
Abstract
Pemilihan media pembelajaran bertujuan untuk membantu peserta didik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Media gambar dapat dijadikan sebagai perantara untuk mendorong motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbandingan atau studi komparasi antara motivasi belajar peserta didik yang menggunakan media gambar dengan yang tidak di kelas V .Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI NW Lingkuk Buak Lombok Tengah. Jenis penelitian yang digunakan dalam hal ini adalah desain kuantitatif yang sifatnya komparasi, teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t dengan teknik analisis Independent-Sample T Test. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa didapatkan t hitung sembesar 12,59 dan t tabel sebesar 1,689 yang diuji pada taraf signitifikan 5 %. Ini berarti Ho dotilak Ha diterima, sehingga kesimpulannya ada perbedaan signifikan motivasi belajar peserta didik yang menggunakan media gambar dengan yang tidak pada kelas V Lingkuk Buak Lombok Tengah
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.
References
Ahmad Roahani, Media Instruksional Edukatif . Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997.
Acep Hermawan, Metodologi Pembelajran Bahasa Arab(Bandung:PT Remaja Rosdakarya,2011.
Karti Soeharto dkk, Teknologi Pemeblajaran . Surabaya.
Harjanto, Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.
Rahardjo dkk, media pendidikan. Jakarta: Rajawali pers, 2010.
Azhar Arsyad, Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2011.
Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada,2011.
Nanang Hanafiah, Konsep Srategi Pemmbejaran. Bandung: PT Refika Aditama, 2009.
Perencanaan Pembelajaran, Pengembangan Media Pembelajaran Paket 9 S1 PGMI IAINMATARAM.
Skripsi Sri Lestari, Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri No.153/I Ladang Peris Pada Pelajaran Ipa Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya Menggunakan Media Gambar. FKIP UNIVERSITAS JAMBI.
Wina Sanjaya, kurikulum dan pembelajran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group,2010.
Burhan Bungin. Metode penelitian kuantitatif. Surabaya: kencana, 2005.
Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif Dan Kualitatif . Jakarta:Rajagrafindo Persada.
Martono Nanang, Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajagrafindo persada.
Amirul Hadi, Metodologi Penlitian Pendidikan . Bandung:pustaka setia,2005.
Subana, Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia,2005.
Sri anita. Media pembelajaran. Surakarta: Yuma pustaka, 2012.
Hamzah B uno. Teori motivasi dan pengukurannya, analisis di bidang pendidikan. Jakarta: bumi aksara, 2012.