PENERAPAN METODE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI NW LINGKUK BUAK
Main Article Content
Abstract
Pemilihan metode pembelajaran yang bervariasi bertujuan untuk membantu peserta didik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Metode Jigsaw merupakan salah satu metode yang dapat dijadikan metode alternatif untuk mendorong peserta didik lebih aktif dan belajar bekerjasama dengan pasangannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji metode talking stick dalam mengembangkan hasil belajar peserta didik di MI NW 1 Kembang Kerang Aikmel Lombok Timur.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI NW Lingkuk Buak yang berjumlah 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang di gunakan untuk uji hipotesis dalam penelitian ini berupa siklus-siklus PTK Kurt Lewin. Dengan hasil siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 71,42%, dan siklus II dengan presentasi ketuntasan belajarnya mencapai 76,19 %, dan siklus III ≥ 85%. dengan demikian tujuan yang diinginkan pada hasil belajar telah tercapai yaitu ketuntasan belajar ≥ 85%. Hal ini menunjukkan penelitian berhasil sesuai dengan indikator ketercapaian. Keberhasilan dari penelitian ini tentunya tidak terlepas dari metode pembelajaran yang digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa, serta peran guru yang melakukan refleksi dengan baik, sehingga penelitian ini berhasil dilakukan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.
References
Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007).
Etin Sholihatin, Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007).
Sa’dun Akbar, Instrumen Perangkat Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013), hlm. 61.
Mujiman, Model Pembelajaran Word Square, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007).
Miftahul Huda, Cooverative Learning Metode Teknik Struktur Dan Model Penerapan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011).
Observasi tanggal 23 januari 2017 di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nahadatul Wathan 1 Kembang Kerang Aikmel Lombok tmur.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengemabangan Bahasa Depertemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2005).
Peter Salaim San Yenny Salim, Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer (Jakarta: Modern English press, 1999).
Abin Syamsudidin, Analisis Posisi System Pembangunan Pendidikan (Jakarta: Depertemen Pendidikan Dan Kebudayaan Biro Perncanaan Secretariat Jekndral, 1999).
Emil Mulayasa, Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006).
Moh. User Usman, Menjadi Guru Professional, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1999).
Kelvin Seifert, Pedoman Pembelajaran Dan Instruksi Pendidikan, (Jakarta: IRCISOD, 2012).
Anita Lie, Cooverative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas, (Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2008).
Nurhadi, dkk, Pembelajaran Kontekstualdan Penerapannya Dalam KBK, (Malang: UM Press, 2003).
Warsono, Pembelajaran Aktif Teori Dan Asesmen, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013).
Mujiman, Model Pembelajaran Word Square, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007).
Hamzah B. Uno, Belajar Dengan Pendkatan Pailkem, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013).
Arends, R.I. Learning To Teach. Diterjemahkan oleh Helly Prayitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008).
Marning, M. L. & Lucking, R. (1991). The what, why and how of cooperative learning. Social Studies, Volume 82. Questia Media America. Inc. Down‐loaded version. www.questia.com, Diakses tanggal 16 mei 2017.
Jamil Suprihatiningrum, Strategi Pembelajaran Teori Dan Aplikasi, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013).
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,. 2011), hlm. 44.
Bundu Patta, Penilaian Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah, (Jakarta: DEPDIKNAS, 2006).
Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, (Jakarta : Rineka Cipta, 2001).
husairi. (2021). PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN YANG TIDAK PADA KELAS V DI MI NW LINGKUK BUAK LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 17–32. https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i2.252
Haryu Islamuddin, Psikologi Pendidikan, (Jember: STAIN Jember Press, 2014).
Andi prastowo, Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu, Implementasi Kurikulum 2013 Untuk SD/MI, (Yogyakarta: Kencana, 2015).
Sukiman, Pengembangan System Evaluasi, (Yogyakarta: Insan Madani, 2011).
Sulistyorini, Evaluasi Pendidilkan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, (Yogyakarta: Teras, 2009).
A. Supratiknya, Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Nontes, (Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, 2012).
Abdul Majid, Strategi Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013).
Sukiman, Pengembangan Sistem Evaluasi, (Yogyakarta: Insan Madani, 2012).
Ismet Basuki, Asesmen Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014).
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2012).
Trianto,DesainPengembanganPembelajaranTematikBagiAnakUsiaDinidanAnakUsiaKelasAwal SD/MI, (Jakarta : KENCANA Prenada Media Grup, 2011).
Margono, Metode Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004), hlm.105.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).
Nanang Martono, Metode Penelitian Kuantitatif (Jakarta: Rajagrafindo Persada).
Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2010).
Herman Wasito, Pengantar Metodologi Penelitian, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1992).
Subana, Statistik Pendidikan (Bandug: Pustaka Setia, 2000).