UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BAHASA ARAB MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI NW 1 KEMBANG KERANG
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i1.103Kata Kunci:
Media Gambar, Hasil belajar, KognitifAbstrak
Secara sedarhana Pembelajaran dapat diartikan sebagai proses kerjasama antara guru dan peserta didik dalam memanfaatkan segala potensi dan sumber daya yang ada, baik potensi yang bersumber dari dalam diri peserta didik seperti bakat, minat dan kemampuan dasar yang dimiliki maupun potensi yang berasal dari luar seperti lingkungan, sarana dan sumber belajar sebagai upaya untuk mencapai tujuan belajar. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar proses pembelajaran berjalan efektif adalah dengan pemilihan media pembelajaran yang dengan tujuan untuk membantu peserta didik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI NW 1 Kembang Kerang Lombok Timur tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang di gunakan untuk uji hipotesis dalam penelitian ini berupa siklus-siklus PTK Kurt Lewin. Dengan hasil siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 65%, dan siklus II dengan presentasi ketuntasan belajarnya mencapai 88%, dengan demikian tujuan yang diinginkan pada hasil belajar telah tercapai yaitu ketuntasan belajar ≥ 85%. Hal ini menunjukkan penelitian berhasil sesuai dengan indikator ketercapaian. Keberhasilan dari penelitian ini tentunya tidak terlepas dari media gambar dalam proses pembelajaran yang digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, serta peran guru yang melakukan refleksi dengan baik, sehingga penelitian ini berhasil dengan hasil yang memuaskan di siklus II.
Kata kunci: Media Gambar, Dan Hasil Belajar kognitif.
Unduhan
Referensi
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2011), hlm. 60.
Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Rajawali Pers, 2003),hlm.91.
As’aril Muhajir. Psikologi Belajar Bahasa Arab. (Jakarta: PT Bina Ilmu, 2004), hlm. 12.
Acep Hermawan. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011), hlm. 9.
Abdul Wahab Rosyidi. Media Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN-Malang Press, 2009), hlm. 26.
Cecep kusnadi dan Bambang Sutjipto, Media Pembelajaran Manual dan Digital, (Bogor: Graha Indonesia, 2011), hlm. 45.
Omear Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), hlm. 30.
Mulyadi, Evaluasi Pendidikan Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama di Sekolah, (UIN-Maliki Press, 2010), hlm. 3.
Nana Sudjana, Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2011), hlm. 22.
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta:Pustaka Belajar, 2010), hlm. 42.
Burhan Nurgianto, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, (Yogyakarta: BPFE, 1998), hlm. 42.
Arief S, Sadiman, dkk. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. (Jakarta: Rajawali pers, 2011). hlm. 28-29.
Richard E Mayer. Multimedia Prinsip-prinsip dan Aplikasi. (Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2009). hlm. 95-99.
Abdul Majid. Perencanaan Pembelajaran Pengembangan Standar Kompetensi Guru, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008), hlm. 178.
Ansto Rahadi, Media Pembelajaran, (Jakarta : Dikjen Dikti Depdikbud, 2003), hlm. 27-28.
Arief S, Sadiman, dkk. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. (Jakarta: Rajawali pers, 2011). hlm. 29.
Cecep Kusnandi, Bambang Sujtipto. Media Pembelajaran Manual dan Digital. (Bogor: Ghalia Indonesia. 2013). hlm. 41-42.
Anisah Basleman dan Syamsu Mappa, Teori Belajar Orang Dewasa, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011), hlm. 12.
Agus Suprijono, Cooperative Learning ; Teori dan Aplikasi PAIKEM, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012), hlm. 4.
Rusman, Model-model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru,(Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012), hlm. 134.
Zainal Aqib, dkk., Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SMP, SMA, SMK, (Bandung:Yrama Widiya,2008), hlm.3.
Suharsimi Arikunto, Penelitian Tindakan kelas, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009), hlm.16.
Suharsimi Arikunto, Prosudur Penitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Renika Cipta, 2002), 136.
Wina Sanjaya. Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: Kencana, 2011)
Joko Subagyo, Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004)
Wayan Nurkencana, Evaluasi,Pendidikan (Surabaya: Usaha Nasional, 2003)
##submission.downloads##
Diterbitkan
Versi
- 2022-02-07 (2)
- 2021-01-12 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Husairi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



