BLENDED LEARNING SEBAGI SISTEM PEMBELAJARAN PADA MASA COVID-19 DI MI NW 1 KEMBANG KERANG

Penulis

  • Husairi STAI DARUL KAMAL NW KEMBANG KERANG NTB

DOI:

https://doi.org/10.51700/alifbata.v2i2.376

Kata Kunci:

Blendend Learning, Covid-19, madrasah ibridaiyah

Abstrak

Suasana mencekam akibat wabah virus Covid-19. Beberpa sekolah terpaksa diliburkan oleh pemerintah dan beberpa juga masuk dengan waktu tatap muka dipersingkat. Sekolah yang melakukan tatapmuka harus dengan ketentuan pemangkasan waktu tatap muka serta menggunakan protocol kesehatan, dan ada juga yang melakukan pembelajaran secara online. Dan MI NW 1 kembang kerang  merupakan sekolah atau madrasah yang menjalankan proses pembelajaran online dan offline atau biasa dikenal dengan system Blendend Learning . Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, yang bermaksud untuk menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan berbagai cara melibatkan berbagai teknik pengumpulan data yang ada. Secara garis besarnya hasil dari penelitian ini menujukkan  pelaksanaan pembelajran  di MI NW 1 kembang kerang  menggunakan sistem Blended learning  walapun belum secara efektif berjalan. Pembelajaran Blended learning  merupakan kebijakan kepala madrasah yang didasari oleh hasil rapat pihak madrasah bersama komite sekolah di lingkungan MI NW 1 kembang kerang. Proses pembelajran dengan sif-sifan atau bergantian. Evaluasi pembelajran Blended learning  diserahkan kepada masing masing guru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Siskandar, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, 2008).

FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Volume 7, Nomor 1, Juli 2018; p-ISSN 2442- 2401; e-ISSN 2477-5622

Suryati, dkk, Model-Model pembelajaran Inovatif, Jurnal Ilmu Pendidikan : Universitas Negeri Surabaya, tahun 2008

Lexy J. Moloeng, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung:PT. Remaja Rosdakarya, 2012).

Arif Furchan, Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif, (Surabaya: Usaha Nasional,1992).

Suharsimi arikunto, metodologi penelitian suatu pendekatan proposal, (jakarta: PT. Rineka cipta, 2002), 129.

--------------------------------------, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta:Rineka Cipta, 2010).

Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung : CV. Alfabeta, 2009).

Husairi, H. (2022). PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN YANG TIDAK PADA KELAS V DI MI NW LINGKUK BUAK LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021. JOURNAL OF ALIFBATA: Journal of Basic Education (JBE), 1(2), 17–32. https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i2.252 (Original work published August 30, 2021)

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, (Yogyakarta : PT. Bumi Aksara, 2008).

Salim dan Syahrum, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung : Citapustaka Media, 2012) , 147.

Surat Edaran Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa PPKM Level 3 Coronavirus Disease (Covid- 19) Tahun Ajaran 2021/2022.

Alwan, M. (2017). Pengembangan model blended learning menggunakan aplikasi Edmodo untuk mata pelajaran geografi SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 65-76. doi:https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10505

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-19

Cara Mengutip

Husairi, H. (2022). BLENDED LEARNING SEBAGI SISTEM PEMBELAJARAN PADA MASA COVID-19 DI MI NW 1 KEMBANG KERANG. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 19-28. https://doi.org/10.51700/alifbata.v2i2.376

Terbitan

Bagian

Research Articles (Peer Review)

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama