HUBUNGAN DURASI BERMAIN GAME ONLINE DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI SDN 03 KEMBANG KERANG DAYA

Penulis

  • Muhammad Munir a:1:{s:5:"en_US";s:38:"STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB";}
  • Husairi Husairi STAI DARUL KAMAL NW KEMBANG KERANG NTB
  • Muhammad Alwan STAI DARUL KAMAL NW KEMBANG KERANG NTB

DOI:

https://doi.org/10.51700/alifbata.v4i2.698

Kata Kunci:

Durasi Bermain, Game Online, Minat Belajar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara durasi bermain game online dengan minat belajar siswa di SDN 03 Kembang Kerang Daya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Penelitian ini dilakukan di SDN 03 Kembang Kerang Daya, dengan sampel kelas IV, V, dan VI yang berjumlah 27 peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket dalam bentuk skala likert, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara game online dengan minat belajar siswa di SDN 03 Kembang Kerang Daya. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi diketahui bahwa r hitung < r tabel yaitu 0,355 < 0,396. Dengan kata lain Ha ditolak dan Ho diterima. Besarnya hubungan antara game online dan minat belajar hanya 12,60% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23

Alam, M. F. (2010). Pengertian Game Online dan Sejarahnya. Pustaka Setia.

Anjayani, S., Susilowati, T., Prajayanti, E. D., & Mursudarinah, M. (2020). HUBUNGAN DURASI WAKTU BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PRAKTIK PERSONAL HYGIENE PADA SISWA SMK NEGERI 2 SURAKARTA. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan, 11(2). https://doi.org/10.33666/jitk.v11i2.361

Astawa, I. B. M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Rajawali Pers.

Fadjarajani, S., Rosali, E. S., Patimah, S., Liriwati, F. Y., Nasrullah, N., Sriekaningsih, A., Daengs GS, A., Pinem, R. J., Harini, H., & Sudirman, A. (2020). Metodologi Penelitian Pendekatan Multidisipliner. ideas publishing.

Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Fajriani, N. I. (2017). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Kencana.

Husairi, H. (2022). PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN YANG TIDAK PADA KELAS V DI MI NW LINGKUK BUAK LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Alifbata: Journal of Basic Education, 1(2), 17–32. https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i2.252 (Original work published August 30, 2021)

Kustiawan, A. A., & Utomo, A. W. B. (2019). Jangan Suka Game Online Pengaruh Online dan Tindakan Pencegahan. AE. Media Grafika.

Mahmud, H. (2020). Psikologi Pendidikan. Pustaka Setia.

Munir, M., & Sholehah, H. (2023). Statistik Pendidikan : Teori dan Praktik. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Mutiah, D. (2015). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana.

Na’ran, S., & Ahmad, M. R. S. (2019). Dampak Game Online pada Peserta Didik di SMA Negeri 4 Tana Toraja. J Sos Pendidik Sosiologi-FIS UNM, 3(2), 136–142.

Pebrianti, Y. (2021). Dampak Bermain Game Online Terhadap Kepribadian Sosial Anak SDN-Bahur Kabupaten Seruyan. IAIN Palangkaraya.

Pratiwi, A., & Yusnaldi, E. (2022). Analisis Pengaruh Game Online terhadap Kegiatan Sosial dan Minat Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4524–4530. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2867

Rahmawati, D., Mulyana, D., Amar, B. R., Lumakto, G., Wisesa, R., & Ameliah, R. (2020). Kecanduan game online: telaah hasil penelitian I.

Rohman, K. (2019). AGRESIFITAS ANAK KECANDUAN GAME ONLINE. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.1.155-172

Salim, H. (2019). Penelitian Pendidikan : Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana.

Setiawati, S. M. (2018). TELAAH TEORITIS: APA ITU BELAJAR ? HELPER : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 35(1), 31–46. https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no1.a1458

Siti Nur Hayati, & Putro, K. Z. (2021). BERMAIN DAN PERMAINAN ANAK USIA DINI. Generasi Emas, 4(1), 52–64. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985

Slameto. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Rineka Cipta.

Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Trisnani, R. P., & Wardani, S. Y. (2018). Stop Kecanduan Game Online Mulai Sekarang Mengenal Dampak Ketergantungan Pada Game Online Serta Cara Menguranginya. UNIPMA Press.

Young, K. (2018). Online Game Addiction Behavior in terms of Academic Self-Efficacy and Social Skills in Adolescents in Surakarta. Anime, 19(1), 1–15.

Young, K. S., & Abreu, C. N. de. (2017). Kecanduan Internet Panduan Konseling dan Petunjuk Untuk Evaluasi dan Penangan, terj " Helly Prajitno S & Sri Mulyantini S. Pustaka Pelajar.

Yusrina, J., & Yermiandhoko, Y. (2022). Pengaruh Adiksi Game Online Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10.

Zaki Al Fuad, & Zuraini. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA KELAS I SDN 7 KUTE PANANG. Jurnal Tunas Bangsa , 3(2 SE-Articles), 42–54. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/625

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-28

Cara Mengutip

Munir, M., Husairi, H., & Alwan, M. (2024). HUBUNGAN DURASI BERMAIN GAME ONLINE DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI SDN 03 KEMBANG KERANG DAYA. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 12-25. https://doi.org/10.51700/alifbata.v4i2.698

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>