Strategi Penguatan Moderasi Beragama Pada Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v4i1.652Kata Kunci:
Penguatan moderasi beragama, Strategi, Sekolah dasarAbstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi yang dikakukan dalam memberikan penguatan nilai-nilai moderasi beragama kepada anak-anak sekolah dasar. Terutama bagaimana mengintegrasikan nilai-nilai moderasi Beragama terutama dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana dalam memperoleh data dilakukan secara library research melalui berbagai literatur yang telah disaring sesuai dengan topik yang akan dibahas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa starategi yang dapat dilakukan dalam menguatkan moderasi beragama yaitu dengan internalasasi nilai moderasi Beragama pada kurikulum, menyusun materi dengan menyisipkan moderasi beragama, memberi tauladan yang baik, strategi problem based learning, cooperative learning dan lainnya
Unduhan
Referensi
Aditiya Wangsanata, S., Yani, S., & Hasani, S. (2022). Penanaman Moderasi Beragama Bagi Siswa Sekolah Dasar Menuju Indonesia Bebas Criminal Terrorism Pada Tahun 2045. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(2), 243–262. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i2.175
Anwar, Rosyida, N., Prasetyaningrum, Indah, L., Janna, M., & Ramadani, Mariska, P. (2022). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PENINGKATAN. Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 113–124.
Hiqmatunnisa, H., & Az Zafi, A. (2020). Penerapan nilai-nilai moderasi islam dalam pembelajaran fiqih di ptkin menggunakan konsep problem-based learning. JIPIS, 29(1), 27–35. https://doi.org/10.33592/jipis.v29i1.546
Kementerian Agama RI. (2019). Tanya Jawab Moderasi Beragama. Penerbit: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
Kodir, F. A. (2022). Nilai-nilai moderasi beragama dalam perspektif sirah (biografi) Nabi Muhammad SAW. Jurnal Bimas Islam, 15(2).
Lessy, Z. (2005). Pemberdayaan Zakat Melalui Pendekatan Pendidikan Penanaman Nilai. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 117–132.
Lessy, Z., Widiawati, A., Alif Umar Himawan, D., Alfiyaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(02), 137–148. https://doi.org/10.52593/pdg.03.2.03
NAFA, Y., Sutomo, M., & Mashudi, M. (2022). Wawasan Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 7(1), 69–82. https://doi.org/10.35316/edupedia.v7i1.1942
Naj’ma, D. B. A., & Bakri, S. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama Dalam Penguatan Wawasan Kebangsaan. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 5(2), 421–434. https://doi.org/10.22515/academica.v5i2.4919
Najib, K. H., Hidayatullah, A. S., Adi, P., Keguruan, F., & Tamansiswa, U. S. (2022). Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Mahasiswa Melalui Pembelajaran Agama Islam Berbasis Masalah. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 107–122. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i2.5492
Nashohah, I. (2021). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama melalui Pendidikan Penguatan Karakter dalam Masyarakat Heterogen. Prosiding Nasional, 4(November), 127–146. http://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascasarjana/article/view/68
Nasrullah, Muh, H., Khafiyya, N., Zulkhaini, Intaha, A., & Mandala Putra, A. F. (2022). Moderasi Beragama Sebagai Penguatan Karakter Pada Peaerta Didik melalui Pendidikan Agama Islam. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 1–18.
Sabiq, A. (2022). Peran Pesantren Dalam Membangun Moralitas Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.118
Suryadi, Rudi, A. (2022). Implementasi moderasi beragama dalam pendidikan agama islam. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(1), 1–12.
Suwarno, S. A. (2022). MODEL IMPELEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Upaya. AT-TAHSIN: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 8–16.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



