Strategi Penguatan Moderasi Beragama Pada Sekolah Dasar

Penulis

  • Muhammad Alwan STAI DARUL KAMAL NW KEMBANG KERANG NTB
  • Husairi Husairi STAI DARUL KAMAL NW KEMBANG KERANG NTB
  • Muhammad Munir STAI DARUL KAMAL NW KEMBANG KERANG NTB

DOI:

https://doi.org/10.51700/alifbata.v4i1.652

Kata Kunci:

Penguatan moderasi beragama, Strategi, Sekolah dasar

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi yang dikakukan dalam memberikan penguatan nilai-nilai moderasi beragama kepada anak-anak sekolah dasar. Terutama bagaimana mengintegrasikan nilai-nilai moderasi Beragama terutama dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana dalam memperoleh data dilakukan secara library research melalui berbagai literatur yang telah disaring sesuai dengan topik yang akan dibahas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa starategi yang dapat dilakukan dalam menguatkan moderasi beragama yaitu dengan internalasasi nilai moderasi Beragama pada kurikulum, menyusun materi dengan menyisipkan moderasi beragama, memberi tauladan yang baik, strategi problem based learning, cooperative learning dan lainnya

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aditiya Wangsanata, S., Yani, S., & Hasani, S. (2022). Penanaman Moderasi Beragama Bagi Siswa Sekolah Dasar Menuju Indonesia Bebas Criminal Terrorism Pada Tahun 2045. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(2), 243–262. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i2.175

Anwar, Rosyida, N., Prasetyaningrum, Indah, L., Janna, M., & Ramadani, Mariska, P. (2022). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PENINGKATAN. Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 113–124.

Hiqmatunnisa, H., & Az Zafi, A. (2020). Penerapan nilai-nilai moderasi islam dalam pembelajaran fiqih di ptkin menggunakan konsep problem-based learning. JIPIS, 29(1), 27–35. https://doi.org/10.33592/jipis.v29i1.546

Kementerian Agama RI. (2019). Tanya Jawab Moderasi Beragama. Penerbit: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Kodir, F. A. (2022). Nilai-nilai moderasi beragama dalam perspektif sirah (biografi) Nabi Muhammad SAW. Jurnal Bimas Islam, 15(2).

Lessy, Z. (2005). Pemberdayaan Zakat Melalui Pendekatan Pendidikan Penanaman Nilai. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 117–132.

Lessy, Z., Widiawati, A., Alif Umar Himawan, D., Alfiyaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(02), 137–148. https://doi.org/10.52593/pdg.03.2.03

NAFA, Y., Sutomo, M., & Mashudi, M. (2022). Wawasan Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 7(1), 69–82. https://doi.org/10.35316/edupedia.v7i1.1942

Naj’ma, D. B. A., & Bakri, S. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama Dalam Penguatan Wawasan Kebangsaan. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 5(2), 421–434. https://doi.org/10.22515/academica.v5i2.4919

Najib, K. H., Hidayatullah, A. S., Adi, P., Keguruan, F., & Tamansiswa, U. S. (2022). Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Mahasiswa Melalui Pembelajaran Agama Islam Berbasis Masalah. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 107–122. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i2.5492

Nashohah, I. (2021). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama melalui Pendidikan Penguatan Karakter dalam Masyarakat Heterogen. Prosiding Nasional, 4(November), 127–146. http://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascasarjana/article/view/68

Nasrullah, Muh, H., Khafiyya, N., Zulkhaini, Intaha, A., & Mandala Putra, A. F. (2022). Moderasi Beragama Sebagai Penguatan Karakter Pada Peaerta Didik melalui Pendidikan Agama Islam. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 1–18.

Sabiq, A. (2022). Peran Pesantren Dalam Membangun Moralitas Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.118

Suryadi, Rudi, A. (2022). Implementasi moderasi beragama dalam pendidikan agama islam. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(1), 1–12.

Suwarno, S. A. (2022). MODEL IMPELEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Upaya. AT-TAHSIN: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 8–16.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Alwan, M., Husairi, H., & Munir, M. (2025). Strategi Penguatan Moderasi Beragama Pada Sekolah Dasar. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 32-43. https://doi.org/10.51700/alifbata.v4i1.652

Terbitan

Bagian

Article (Peer-reviewed)

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>